Tuesday, February 23, 2010

PARADIGMA PENDIDIKAN? “PERKULIAHAN DI PERGURUAN TINGGI?”


Penulis: Dalsumadiyah

Tahun: 2010


Seiring dengan perkembangan zaman di era globalisasi, semua yang terjadi berlangsung secara cepat dan akurat. Dunia pendidikan tinggi di Indonesia kalau tidak bisa mengikuti irama ini akan jauh tertinggal. Karena itu sudah saatnyalah untuk diadakan perubahan paradigma pendidikan di Indonesia pada semua jenjang pendidikan dari pendidikan dasar, menengah hingga pendidikan tinggi.

Bahwa pendidikan adalah upaya memanusiakan manusia, hal ini mengandung arti mempersiapkan manusia agar dapat hidup dizamannya dalam masyarakatnya secara utuh, baik sebagai makhluk individu ataupun makhluk sosial serta makhluk budaya yang beradab. Pengelola pendidikan harus mengetahui siapa pelanggannya, sehingga akan memahami aspirasi dan kebutuhan pelanggannya, yang selanjutnya sebagai bahan acuan didalam menentukan program.

Manajemen pendidikan akan sangat menentukan apakah lembaga pendidikan diminati atau tidak oleh masyarakat, hal ini sangat tergantung pada apakah lembaga pendidikan tersebut mampu menjawab tantangan zaman atau tidak. Orientasi nilai yang dikembangkan dan ketepatan proses pengelolaannya, harus mampu merespon kebutuhan masyarakat, kemajuan ilmu dan teknologi dan kebutuhnan perkembangan nasional. Maka harus mampu menyusun agenda perencanaan yang obyektif dan strategis, dengan memperhatikan trend global dunia agar tetap eksis.

Kinerja sebuah lembaga pendidikan harus bersifat dinamis, terus connect dan relevan dengan situasi riil lingkungan masyarakat, sehingga mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang adaptif menerima dan mampu menyesuaikan serta mengembangkan arus perubahan yang luas, persaingan yang keras dan perubahan yang cepat. Lembaga pendidikan yang dikelola dengan manajemen professional akan mampu memetik banyak keuntungan. Akan lebih mampu memanfaatkan peluang yang tersedia, berkreasi, berimprovisasi dan beradaptasi serta mengembangkan program-program yang favourable (diminati), marketable (layak jual) dan applicable (layak jalan) yaitu manajemen yang berjalan berdasarkan pada suatu desain dan mekanisme-mekanisme jaminan mutu.

Terkait dengan hal tersebut maka fungsi dosen juga mengalami perubahan, dosen bukan pemberi kuliah dengan memberi ceramah sebagai transformator of knowledge, akan tetapi lebih berperan sebagai fasilitator partner in progressif, bahwa model perkuliahan di perguruan tinggi adalah:

  1. Transformatif, yaitu proses perkuliahan dimana mahasiswa terlibat dalam proses perolehan ilmu dan proses menemukan jatidirinya.
  2. Model inquiry, dimana mahasiswa terlibat secara aktif dalam proses pencarian dan pengembangan ilmu.

Selanjutnya tujuan perkuliahan adalah menumbuhkembangkan gairah (semangat) untuk pencarian dan pengembangan ilmu, bukan sekedar penguasaan bahan/ materi kuliah.

Mengajar di perguruan tinggi adalah mengajar orang dewasa, asumsi orang dewasa adalah:

  1. Perubahan dari ketergantungan menjadi kemandirian.
  2. Memiliki banyak pengalaman sebagai sumber belajar.
  3. Belajar ketika butuh/ perlu.
  4. Belajar adalah proses pengembangan potensi dan kompetensi.

Disamping sebagai fasilitator, dosen juga berperan sebagai dinamisator dan motivator, wujud peran sebagai dinamisator adalah memberikan bimbingan, pengarahan dan menggerakkan mahasiswa agar dapat memberikan sumbangan secara optimal dan membawa manfaat secara efektif dan efisien ditengah masyarakat. Selanjutnya sebagai mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah, diharapkan mampu mengembangkan wawasan antisipatif dan watak interpreneur (kemandirian) dan sesuai dengan perannya sebagai pelopor pelangsung dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah perlu mengembangkan lima pilar kekuatan yang mampu menjadi pondasi dan tulang punggung kelangsungan gerakan Muhammadiyah, yaitu:

  1. Kesatuan dan persatuan serta sikap kebersamaan, perbedaan pendapat dan sikap diselesaikan dengan musyawarah.
  2. Kesetiaan kepada persyarikatan.
  3. Sikap pengabdian yang ikhlas.
  4. Keluwesan dalam membawakan dengan tanpa meninggalkan prinsip.
  5. Teguh pendirian, tabah dan ulet berjuang, berani dan tak kenal putus asa, tekun dengan ketajaman pikiran dan kreativitas.

Dan sebagai mahasiswa program studi kependidikan hendaknya memiliki kompetensi, motivasi, dedikasi, akuntabilitas, kreativitas, inovasi, keberanian, juga kepekaan dan kepedulian yang tinggi terhadap situasi masyarakat yang menuntut serta langsung bergerak. Dalam melangkahkan geraknya memiliki pandangan yang kritis, tajam dan berkemajuan. Pemikiran dan langkahnya senantiasa sejalan dengan tuntutan zamannya. Menjadi warga masyarakat yang berkualitas unggul sehingga mampu mengambil peran strategis dengan optimal dan kualitas yang unggul pula.




Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

Saturday, February 20, 2010

PROPOSAL SEMINAR PUBLIC RELATION

LEMBAR PENGESAHAN

Setelah diamati, diperiksa, dan dipertimbangkan maka proposal ini dapat disahkan untuk digunakan sesuai dengan fungsinya.




Penanngung Jawab



Ricky Ardhi Wibowo

NIM.05404241042

Yogyakarta, Desember 2008

Sekretaris



Budi Setiawan

NIM. 0540324106


Mengetahui,

Koordinator UKM



Indah S.

NIP. 131790772

Dosen Pembimbing Seminar



Rosidah M. Si

NIP. 131844875


PROPOSAL

SEMINAR PUBLIC RELATION


"The Part Of Public Relation At Taking Managerial Decision In An Organization"



PENDAHULUAN

Mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan di negeri ini yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh. Perusahaan dan Organisasi sebagai tempat bernaung dan berkumpul, sebagai wadah untuk menyalurkan kegiatan dan bersosialisasi sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Pengetahuan akan cara bersosialisasi pada public sehingga menimbulkan opini public yang positif pada suatu perusahaa atau organisasi merupakan suatu pemahaman yang baru. Kemampuan untuk membentuk suatu opini public yang positif guna mengambil kebijkan managerial sangat sulit diterapkan tanpa kemampuan yang handal dari seorang Manajer.

Berkaitan dengan hal ini UKM UNY sebagai wadah kegiatan mahasiswa, membuka kesempatan kepada mahasiswa dan pelajar yang ingin membangun dan mengembangkan sikap Ke-PRan dan untuk mendapatkan kisah dan pengalaman langsung dari orang-orang yang telah susah payah membangun usahanya dengan mengevektifkan Public Relation.


DESKRIPSI KEGIATAN

Seminar "The Part Of Public Relation At Taking Managerial Decision In An Organization" adalah seminar yang mengungkapkan andil dari Public Relation dalm pengambilan keputusan di dunia bisnis yang merupakan sarana bagi para mahasiswa/pelajar untuk mengembangkan kemampuan membentuk opini publik dan sekaligus memfasilitasi mahasiswa/pelajar melalui seminar dengan para pebisnis yang bertujuan untuk memotivasi peserta agar dapat merubah paradigma peserta agar tertarik untuk menjadi seorang wirausahawan yang sadar akan Public Relation.

Untuk mengikuti Seminar ini, peserta mahasiswa/pelajar tidak dipungut biaya (gratis). Untuk non mahasiswa/umum dikenakan Rp. 15.000/peserta.

Dalam seminar ini kami memberi kesempatan perusahaan Anda untuk menjadi sponsor atau menyewa stand pameran, (keterangan terlampir). Acara ini sangat ideal untuk mempromosikan usaha dan produk anda.


NAMA DAN TEMA

Nama kegiatan ini adalah Seminar " The Part Of Public Relation At Taking Managerial Decision In An Organization". Seminar ini terdiri dari dua subtema, pertama adalah "Kajian Tentang Ke-PRan" dan yang kedua adalah "Optimalisasi Peran Public Relation dalam Pengambilan Keputusan Suatu Organisasi"


TUJUAN

Adapun tujuan kegiatan ini agar peserta akan mampu:

1. Meningkatkan pemahaman tentang dunia Public Relation.

2. Mengetahui tips-tips pengelola organisasi dalam menghadapi permasalahan dengan publik internal dan eksternal.

3. Memberikan pengetahuan tentang cara membidik peluang dalam pengembangan organisasi dan perusahaan dengan mengoptimalkan Public Relation.

4. Memberikan wacana kepada mahasiswa tentang dunia PR pada umumnya dan bidang sosialisasi publik pada khususnya.

5. Memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di Perguruan Tinggi dalam Dunia Usaha dan Organisasi.


BENTUK KEGIATAN

Bentuk kegiatan ini adalah seminar tentang bagaimana para pengusaha dan pengelola organisasi dalam meningkatkan usaha dan organisasi tersebut dengan mengoptimalkan peran Public Relation dalam pengambilan keputusan managerial.

Akan dibagi dalam 2 sesi, sesi pertama dimulai pukul 09.30 sd 12.15, kemudian sesi kedua dimulai pukul 13.15 sd 15.45. tiap sesi terdiri dari 2 narasumber dan 1 moderator.


Waktu

Acara

Pengisi

08.30 - 09.30

Registrasi Peserta

Penerima Tamu

09.30 - 09.45

Pembukaan


- Sambutan dari ketua Pelaksana


- Sambutan dan pembukaan oleh pihak UI

Pembawa acara,

Ketua pelaksana

Perwakilan rektorat UNY

09.45 – 11.00

Seminar Term 1 " Kajian Tentang Ke-PRan"

- masing-masing pembicara menceritakan pengalaman tentang Public Relation @25 menit



1. Timothy Sidiq


2. Michael S. Sunggiardi

11.00 – 12.00

Sesi tanya jawab

12.00 – 12.15

Pemberian Plakat

Panitia

12.15 – 13.15

Break

13.15 – 14.30

Seminar Term 2 " Optimalisasi Peran Public Relation dalam Pengambilan Keputusan Suatu Organisasi"

- masing-masing pembicara menceritakan pengalaman tentang Public Relation @25 menit



3. Sandy Kusuma



4. M. Ranu Arifudin

14.30 – 15.30

Sesi tanya jawab

15.30 – 15.45

Pemberian Plakat

Panitia

15.45 – 16.00

Penutupan


PESERTA SEMINAR

Target utama peserta adalah Mahasiswa UNY semua jurusan (tidak terbatas jurusan P.ADP), mahasiswa universitas disekitar UNY (UGM, UIN, UPN, AMIKOM, dll) dan peserta umum. Target total 200 orang peserta. Seminar ini gratis untuk semua mahasiswa UNY maupun diluar UNY.

mahasiswa/pelajar : gratis

non mahasiswa/umum : Rp. 15.000/peserta.

Peserta yang mengikuti acara dari awal sampai akhir akan mendapat sertifikat.


WAKTU DAN TEMPAT

Waktu : Kamis, 1 Januari 2009 pukul 9.30 sd 16.00

Tempat : Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta, Kampus UNY – Karang Malang


PEMBICARA SEMINAR

Narasumber dalam acara seminar "The Part Of Public Relation At Taking Managerial Decision In An Organization" ini sebanyak 4 orang dan akan dipandu oleh seorang Moderator.


1. Timothy Sidiq*

Pengusaha dan CEO PT Zirexindo Buana Mandiri (ZYREX)


2. Michael S. Sunggiardi

Direktur Teknik PT BoNet Utama Bogor, Batutulis Computer Bogor, PT Marvel Network Sistem Jakarta, PT Xtreme Network Sistem Samarinda; Badan Pengurus Nasional AWARI (Asosiasi Pengusaha warnet Indonesia)


3. Sandy Kusuma

Dewan Penasehat DPP Apkomindo (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia); President Director PT Balisoft Lintasmedia; Komisaris Utama PT Panca Dewata Utama. serta sebagai penasehat di berbagai organisasi IT

4. M. Ranu Arifudin

CEO PT. Ufoakses Sukses Luarbiasa


SPONSORSHIP

Untuk menyelenggarakan kegiatan seminar ini, kami membutuhkan bekerjasama dengan pihak-pihak sponsor. Adapun paket sponsorship yang kami tawarkan sebagai berikut :


A. Sponsor Utama

Adalah pihak/perusahaan yang bekerjasama dan berpartisipasi dalam promosi Seminar "The Part Of Public Relation At Taking Managerial Decision In An Organization" dengan memberikan dukungan dana sebesar Rp. 10.000.000,-

Kompensasis :

o Penyertaaan logo perusahaan/produk (sebesar : 90 mm x 52 mm) pada 1000 Poster Seminar (420 mm x 297 mm/= A3) yang akan dipasang pada mading seluruh fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta, Halte bis UNY, Mading universitas Gajah Mada, UIN, UPN, AMIKOM, dan tempat strategis lain


o Penyertaaan logo perusahaan/produk (sebesar : 25 cm x 40 cm) pada Backdrop Acara ( 500 cm x 85 cm) sebanyak 1 buah.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 125x125 dpi) pada iklan di website www.ukm.uny.or.id dan Forum Entrepreneur : www.ecu.uny.or.id selama 3 bulan.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 25 cm x 40 cm) pada Spanduk Acara ( 500 cm x 85 cm) yang akan dipasang pada lokasi acara dan tempat-tempat strategis lainnya, sebanyak 10 buah.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 25 cm x 40 cm) pada Umbul-umbul ( 50 cm x 400 cm) yang akan dipasang pada lokasi acara dan tempat-tempat strategis lainnya, sebanyak 5 buah.


o Mendapatkan stand promo (1 meja + 2 kursi / 2 m x 3 m) pada selama 1 hari selama acara seminar berlangsung.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 30 mm x 40 mm) pada Makalah Seminar (210 mm x 297 mm/= A4) yang akan disebar kepada 200 peserta seminar.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 50 mm x 100 mm) pada T-shirt Panitia seminar.





B. Sponsor Pendukung

Adalah pihak/perusahaan yang bekerjasama dan berpartisipasi dalam promosi Seminar Technobusiness dengan memberikan dukungan dana sebesar Rp. 5.000.000,-

Kompensasis :


o Penyertaaan logo perusahaan/produk (sebesar : 50 mm x 27 mm) pada 1000 Poster Seminar (420 mm x 297 mm/= A3) yang akan dipasang pada mading seluruh fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta, Halte bis UNY, Mading universitas Gajah Mada, UIN, UPN, AMIKOM, dan tempat strategis lain

o Penyertaaan logo perusahaan/produk (sebesar : 15 cm x 20 cm) pada Backdrop Acara ( 500 cm x 85 cm) sebanyak 1 buah.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 125x90 dpi) pada iklan di website www.ukm.uny.or.id dan Forum Entrepreneur : www.ecu.uny.or.id selama 2 bulan.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 12,5 cm x 20 cm) pada Spanduk Acara ( 500 cm x 85 cm) yang akan dipasang pada lokasi acara dan tempat-tempat strategis lainnya, sebanyak 5 buah.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 12,5 cm x 20 cm) pada Umbul-umbul ( 50 cm x 400 cm) yang akan dipasang pada lokasi acara dan tempat-tempat strategis lainnya, sebanyak 5 buah.


o Mendapatkan Stand promo (1 meja + 2 kursi / 2 m x 3 m) pada selama 1 hari selama acara seminar berlangsung.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 15 mm x 20 mm) pada Makalah seminar (210 mm x 297 mm/= A4) yang akan disebar kepada 200 peserta seminar.


C. Sponsor Partisipan

Adalah pihak/perusahaan yang bekerjasama dan berpartisipasi dalam promosi Seminar Technobusiness dengan memberikan dukungan dana sebesar Rp. 2.500.000,-

Kompensasis :


o Penyertaaan logo perusahaan/produk (sebesar : 25 mm x 13,5 mm) pada 1000 Poster Seminar (420 mm x 297 mm/= A3) yang akan dipasang pada mading seluruh fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta, Halte bis UNY, Mading universitas Gajah Mada, UIN, UPN, AMIKOM, dan tempat strategis lain


o Penyertaaan logo perusahaan/produk (sebesar : 7,5 cm x 10 cm) pada Backdrop Acara ( 500 cm x 85 cm) sebanyak 1 buah.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 6,5 cm x 10 cm) pada Spanduk Acara ( 500 cm x 85 cm) yang akan dipasang pada lokasi acara dan tempat-tempat strategis lainnya, sebanyak 5 buah.


o Mendapatkan stand promo (1 meja + 2 kursi / 2 m x 3 m) pada selama 1 hari selama acara seminar berlangsung.

o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 15 mm x 20 mm) pada Makalah Acara ( 210 mm x 297 mm/= A4) yang akan disebar kepada 225 peserta seminar.


MANFAAT BAGI SPONSOR

Adapun manfaat menjadi sponsor pada seminar ini :

1. Sebagai alternatif alokasi anggaran promosi yang murah, efektif dan exclusive.

2. Membangun brand awarenes dan citra perusahaan yang peduli pendidikan.

3. Memperluas pasar baru dari produk

4. Memperkuat market positioning dan brand loyality produk.

5. Sebagai wahana melakukan produk sampling dan penjualan langsung.

6. Membangun sinergi dan cobranding dengan Unit kegiatan Mahasiswa UKM Universitas Negeri Yogyakarta


STAND PAMERAN

Selama acara seminar berlangsung Kami menyediakan Stand Pameran dengan ukuran 2 x 3 meter dengan fasilitas sebagai berikut :

o 1 buah meja (tanpa alas/pelapis)

o 2 buah kursi

o Colokan Listrik ( kabel extender tidak disediakan)


Lokasi stand sangat strategis di tempat lalu lalang peserta, di sekitar ruangan seminar berlangsung, penentuan nomer stand ditentukan oleh panitia. Stand seharga Rp. 100.000,-. Stand yang kami sediakan sangat ideal untuk mempromosikan perusahaan/produk anda bahkan untuk menjual produk anda.


PANITIA SEMINAR

Penanggung jawab : Ricky Ardhi Wibowo (Ketua Umum UKM UNY / FISE)

Project Officer : Benardius Boyke R. (FISE – P.ADP)

Sekretaris Umum : Budi Setiawan (FT-Informatika)

Bendahara : Irgahayu M (FIP)

Koordinator Acara : Ananta Hagabean (FISE - Manajemen)

Koordinator Konsumsi : Ni Wayan Agmi Yati (FIP)

Koordinator Perlengkapan : Aryo Catur N. (FIP)

Koordinator Publikasi/Dokumentasi : Anju Hasiholan (FMIPA – Pend. IPA)

Koordinator UKM : Indah S. (FISE-P.ADP)


INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Demikian proposal ini kami buat, semoga dapat memberikan gambaran kegiatan. Kami menunggu partisipasi dan dukungan sponsorship serta kerjasama yang baik. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menghubungi kami di nomor telpon 021-70198873 atau 0856 4323 2212 (boy). Atau melalui e-mail info@ukm.uny.or.id

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ketua Pelaksana Sekretaris Umum

Benardius Boyke M Budi Setiawan

SURAT PERSETUJUAN SPONSORSHIP

No : 025/UKM-UNY/VI/08

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : ………………………………………………………………………………….

Jabatan : ………………………………………………………………………………….

Perusahaan : ………………………………………………………………………………….

Alamat : ………………………………………………………………………………….

No. Telp : ………………………………………………………………………………….

Dengan ini setuju untuk menjadi sponsorship kegiatan seminar Technobusiness, yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM UNY). Bentuk sponsor yang diikuti adalah :

[ ] Sponsor Utama

[ ] Sponsor Pendukung

[ ] Sponsor partisipan

(mohon beri tanda x pada kotak yang tersedia, sesuai dengan jenis sponsorship yang diikuti)

Untuk itu saya setuju membayar biaya sponsorship sebesar :

Rp. …………………………..

(…………………………………………………………………………………….)

Dengan termin pembayaran :

1. 60% pada saat Surat persetujuan ini ditandatangani.

2. 40% selambat-lambatnya 7 hari setelah acara seminar terlaksana

Yogyakarta, ……….......................... 2008

Hormat saya,

(………………………………..) ( Indah S. )

Koordinator UKM

Lampiran

RENCANA ANGGARAN


A. PEMASUKAN

1. UNY Rp 1.000.000,-

2. Spnsor Rp 10.000.000,-

3. Peserta (200) Rp 3.000.000,-

Jumlah pemasukan Rp 14.000.000,-


B. PENGELUARAN

1. Umum

Sewa Gedung Rp 1.000.000,00

Pembicara Rp 6.000.000,00

Makalah seminar Rp 2.000.000,00

Konsumsi Rp 2.000.000,00

Sewa Peralatan Rp 2.500.000,00

Jumlah Rp 13.500.000,00

2. Lain-lain

  • ID Card Rp 200.000,00
  • Cadangan Rp 300.000,00

Jumlah Rp 500.000,00


Total Pengeluaran Rp 14.000.000,00




Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

Thursday, February 18, 2010

PENGEMBANGAN KAPASITAS LABORATORIUM ADMINISTRASI

RESUME

PENGEMBANGAN KAPASITAS LABORATORIUM ADMINISTRASI

Mata Kuliah Manajemen Laboratorium Administrasi Perkantoran

Dosen Pengampu: Didi Wahyu Sudirman, MM.







Disusun Oleh:

Nama : Agung Santosa

NIM : 05402241026

Prodi : Pend. Administrasi Perkantoran




FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

2007


PENDAHULUAN

Laboratorium Administrasi sebagai salah satu, dari berbagai jenis laboratorium, secara spesifik merupakan salah satu elemen penunjang bidang administrasi di lingkungan lembaga atau institusi pendidikan, yang dikenal dengan laboratorium pengkajian proses kegiatan Administrasi. kegiatan laboratorium meliputi pekerjaan administrative, pengujian, memberi opini dan interpretasi, mengoperasikan berbagai macam alat-alat kerja dan perlengkapan kantor, menerbitkan laporan hasil ujan atau sertifikat ketrampilan bidang adnministrasi lainnya.

Selama ini konotasi laboratoium lebih melekat pada bidang eksakta, akan tetapi kemajuan perkembangan dan teknologi ternyata juga membutuhkan laboratorium untuk bidang social, ilmu terapan dan khususnya bidang ilmu administrasi perkembangan ilmu administrasi sangat pesat karena dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Laboratorium administrasi merupakan kelengkapan akademik dalam setiap strata pendidikan yang mengajarkan materi bidang, cabang-cabang ataupun terapan ilmu administrasi sebagai suatu sistem. Oleh karena sebagai sistem maka laboratorium administrasi tidak lepas dari berbagai macam komponen maupun sub-sub komponen yang mewadahi seluruh aktivitas sistem tersebut.

Untuk menghasilkan prestasi di bidangnya, maka laboratorium perlu melakukan regulasi untuk mengembangkan kapasitasnya. Dengan pengembangan kapasitas, diharapkan laboratorium administrasi dapat meningkatkan kemampuan baik secara individu tau personal maupun secara organnisatoris, sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi dapat efektif dan efisien. Dampak posistifnya akan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas porses belajar mengajar atau secara khusus praktek-praktek di laboratorium administrasi.






Laboratorium Administrasi Sebagai Sistem


Sebagai suatu sistem, laboratorium administrasi merupakan akumulasi dari berbagai sumber daya manusia, material mesin-mesin (termasuk di dalamnya fasilitas dan energi), uang dan informasi. Menurut Raymond Mc. Leod, sistem adalah sekelompok elemn-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan (1996:13)

Laboratorium sebgai organisasi merupakan suatu sistem. Sumber-sumber daya yang ada bekerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan visi dan misi organisasi yang bersangkutan. Menurut Slamet PH (2005:1) bahwa sistem tersusun dari komponen konteks, input, proses, output dan outcome. Hal tersebut menjelaskan adanya hubungan saling mempengaruhi antar komponen seperti pada gambar berikut.


Komponen

Sub Komponen

Konteks

  1. Tuntutan pengembangan diri dan peluang tamatan
  2. Dukungan pemerintah dan masyarakat
  3. Kebijakan pemerintah
  4. Landasan hukum
  5. Kemajuan iptek
  6. Nilai dan harapan masyarakat
  7. Tuntutan otonomi
  8. Tuntutan globalisasi

Input

  1. Visi, misi, tujuan, sasaran
  2. Kurikulum
  3. Ketenagaan
  4. Peserta didik
  5. Sarana dan prasarana
  6. Pembiayaan
  7. Regulasi sekolah
  8. Organisasi
  9. Administrasi
  10. Peran serta masyarakat
  11. budaya sekolah

Proses

  1. Proses belajar mengajar
  2. Manajemen
  3. Kepemimpinan

Output

  1. Prestasi akademik
  2. Prestasi non-akademik

Outcome

  1. Kesempatan pendidikan
  2. Kesempatan kerja
  3. Pengembangan diri

Selanjutnya Slamet PH memberikan pemahaman cara berpikir sistem secara runtut dalam gambar di bawah ini.


Kualitas dan Inovasi









Produkltivitas

Efisiensi Internal

Efisiensi Eksternal


Dengan paparan gambar tersebut, maka laboratorium sebagai suatu sistem dapat dianalisis dengan pendekatan tersebut, sekaligus langkah-langkah pemecahan persoalan dalam proses kegiatan. Dalam pengelolaan sistem, perlu diketahui bagaimana memandang laboratorium administrasi sebagai suatu pandangan sistem. hal ini bertujuan agar pengelola dapat melihat secara utuh seluruh kompleksitas organisasi dan rincian pekerjaan dan kemampuan pengelola laboratorium menyadari keterkaitan organisasi dengan lingkungan dan kemampuan mengevaluasi umpan balik.

Dengan memahami uraian di atas, maka implementasinya adalah laboratorium perlu memiliki standar. Sebagai lemabag pendidikan (laboratorium) perlu mengidentifikasi dinamikan yang ada dalam konteks dan secara nyata merumuskan ke dalam visi, misi, tujuan, sasaran, strategi pengembangan organisasi/laboratorium administrasi. Standarisasi diperlukan dan mempunyai peranan penting dalam usaha optimalisasi pendayagunaan sumber daya dan seluruh kegiatan laboratorium administrasi. Penerapan standarisasi tersebut akan efektif dan efisien apabila didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.

Laboratorium administrasi sebagai satu lemen dalam sistem lemabaga kependidikan merupakan salah satu kelengkapan akademik. Kelengkapan akademik adalah: sarana, prasarana dan mekanisme selain buku teks, reverensi serta peralatan-peralatan lainnya yang biasanmya dipakai untuk melengkapi cara penyampaian melalui kuliah, seminar dll.

Laboratorium sebagai alat operasional memerlukan kelengkapan akademik untuk mengembangkan kapasitasnya sebagai laboratorium administrasi. Pengertian kapasitas menurut UNDP adalah kemampuan individu dan organisasi atau unit organisasi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara efektif, efisien dan berkelanjutan.

Pengembangan laboratorium meliputi:

  1. Pengembangan kapasitas kelembagaan

    Pengembangan kapasitas kelembagaan laboratorium bisa dikembangkan dalam hal perencanaan praktik atau pelatihan, pengelolaan kurikulum dan silabi, keuangan, sistem informasi laboratorium, prasarana, sarana dsb.

    2. pengembangan kapasitas sumber daya

    Pengembangan kapasitas sumber daya meliputi sumber daya manusia (kepala laboratorium, staf dan pelaksana) dan sumber daya lainnya.

    3. Pengembangan kemitraan

    Pengembangan kemitraan diupayakan peningkatan kemampuan penggalian dana, mengelola dan menghasilkan dana yang diperlukan untuk aktivitas kegiatan laboratorium. Kemitraan dengan melalui kerjasama antar lembaga melalui program income generating activity merupakan salah satu solusi penggalian dana.

Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kualitas dan inovasi laboratorium administrasi sebagai sistenm linier:

1. Menuju standar uji ketrampilan nasional yang diharapkan.

2. Diharapkan adanya pengembangan kurikulum dan silabi, sehingga PBM dilaksanakan dengan cermatdan tepat

3. Evaluasi uji praktik atau kompetensi yang diharapkan.

Ilustrasi berikut merupakan hubungan keterkaitan 3 yang perlu diperhatikan dalam peningkatan inovasi dalam konteks penyelenggaraan laboratorium administrasi.















Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan laboratorium tersebut yaitu:

  1. Tujuan laboratorium, meningkatkan mutu pembelajaran, pengembangan ilmu dan pengabdian masyarakat.
  2. Sejauh mana fungsi laboratorium dalam kelembagaan.
  3. Tujuan kurikulum dan instansional lembaga.
  4. Sifat, kedudukan, urgensi serta eksistensi laboratorium.
  5. Macam, sifat dan banyaknya materi praktik atau pelatihan yang memerlukan laboratorium.
  6. Mempelajari potensi lembaga dalam hal potensi keuangan, tenaga pengelola,dsb.
  7. tata letak lokasi laboratorium, sifat dan proses kegiatan.
  8. Pedoman operasional dan quality assurance.
  9. Output lembaga, kebutuhan tenaga kuda, baik kualitas maupun kuantitas.

Beberapa pendekatan yang dapat dilakukan oleh pihak manajemen sebagai bahan evaluasi dengan beberapa tolak ukur:

  1. Sejauh mana aktivitas laboratorium teklah berfungsi secara optimal, baik untuk peserta didik, relasi maupun umpan balik pada pengelola.
  2. Efisiensi dan produktivitas laboratorium.
  3. Lingkungan akademik yang kondusif.
  4. Pengelola dan organisasi yang konsisten dan memiliki komitmen.
  5. Akuntabilitas dan kemampuan evaluasi diri.
  6. Keterbukaan untuk peningkata mutu.
  7. Kemitraan.

Kegiatan evakluasi perguruan tinggi yang merupakan kebijakan nasional berdasarkan UU no 29/2003 pasal 57 ayat 1 dan 2:

  1. Evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan kepada pihak yang berkepentingan.
  2. Evaluasi dilakukan terhadap peserta didik, lembaga dan program pendidikan pada jalur formal dan nonformal untuk semua jenjang, satuan dan jenis pendidikan.

Dengan demikian dari sisi institusi pengelola bahwa dengan upaya pengembangan laboratorium administrasi memberikan manfaat:

  1. Tumbuhnya kesadaran dan keteguhan untuk selalu meningkatkan mutu yang akan dicapai.
  2. Adanya sistem dan proses menuju penjaminan mutu dalam semua kegiatan yang telah dilakukan.
  3. Komitmen yang merupakan dukungan terhadap semua program pengembangan institusi.
  4. Dokumentasi yang baik dengan sistem yang terarah dan terstandar.





PENUTUP


Laboratorium administrasi sebagai suatu sub komponen dalam institusi pendidikan disamping harus menyamakan persepsi dengan lembaga induk, dalam proses kegiatannya perlu memiliki keberanian untuk selalu berusaha mengembangkan kapasitasnya menuju penjaminan mutu dalam hal pelayanan laboratorium.

Pengembangan kapasitas laboratorium administrasi hendaknya dikembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karenanya diharapkan laboratorium administrasi sudah saatnya berbasis teknologi informasi. dalam praktik kegiatan administrasi saat ini, tidak lepas karena kemajuan teknologi tersebut dan berdampak dengan keharusan adanya otomatis kantor.








Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

Monday, February 15, 2010

Kemarahan berujung kematian

Yogya (abe-rabbit.blogspot.com) – Seorang siswa sepantasnya mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Apa jadinya apabila seorang siswa membiasakan diri membolos seperti KDY (nama samaran), seorang siswa di salah satu SMK di Yogya yang telah membiasakan diri membolos.

Membolos sekolah yang telah dilakukan KDY menjadi kebiasaannya sejak duduk di bangku SMK di salah satu sekolah di Yogya. Seiring dengan berjalannya waktu, kebiasaan KDY telah diketahui oleh kedua orang tuanya. Orang tua KDY sudah sering kali memperingatkan KDY agar tidak membiasakan diri membolos, tapi nasehat orang tuanya tidak pernah digubris. Sampai suatu hari KDY membolos sekolah dan segera pulang kerumah. Tanpa disengaja pada waktu yang bersamaan orang tua KDY yang bekerja sebagai petani sedang pulang dari sawah juga. Spontan saja orang tua KDY memarahi KDY dengan geramnya. KDY pun pergi berlalu begitu saja, dan orangtua KDY berangkat lagi ke sawah.

Beberapa jam kemudian orang tua KDY kembali pulang kerumah. Sesampainya dirumah, orang tua KDY menangis dengan teriak histeris melihat mayat KDY yang terkapar dengan segenggam potas. Ternyata kepergian KDY setelah dimarahi orangtuanya adalah untuk membeli potas dan dipergunakan untuk bunuh diri. Dari data yang diperoleh dilapangan menyebutkan bahwa KDY telah meminum potas beberapa jam sebelum mayatnya ditemukan dirumah korban. Hari itu juga korban segera dimakamkan.

Setelah ditelusuri ternyata korban adalah orang yang berada dalam rata-rata bawah di sekolahnya. Korban termasuk orang yang kurang begitu berminat untuk bersekolah. Saat itu juga orang tua korban menyesali atas kemarahan yang dilampiaskan kepada korban. Hal itu menjadi cambukan bagi orang tua korban. (Senin, 15 Februari 2010)

Yang menjadi pertanyaan, Apakah yang menjadi faktor penyebab bunuh diri tersebut?

1. Beban psikologis yang dialami korban karena kemarahan orangtua yang ditimpakan kepada korban?

2. Kurangnya kadar keimanan yang dimiliki oleh korban?

3. Beban psikologis yang dialami korban akibat ketidakmampuan korban mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah?

4. Kemarahan orang tua yang berlebihan?

5. Kurangnya komunikasi antara orang tua, guru dan korban?




Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

Saturday, February 13, 2010

SKRIPSI "PERAN KEPUASAN DAN FAKTOR DEMOGRAFI DALAM MEMBANGUN LOYALITAS TOKO (STUDI EMPIRIS PADA TOKO ADI KEMBAR WATES KULON PROGO)"

ABSTRAKSI

Skripsi ini mengangkat judul “Peran Kepuasan dan Faktor Demografi dalam Membangun Loyalitas Toko (Studi Empiris pada Toko Adi Kembar Wates Kulon Progo)”. Secara garis besar membahas mengenai pengaruh kepuasan pengalaman berbelanja konsumen dan faktor demografi (jenis kelamin, ukuran rumah tangga, umur, pendapatan, dan jarak tempat tinggal) terhadap loyalitas konatif Toko Adi Kembar Wates Kulon Progo. Selain itu juga membahas tentang pengaruh loyalitas konatif terhadap loyalitas tindakan konsumen.

Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling yaitu setiap orang yang sesaat setelah berbelanja dan telah mengalami pengalaman berbelanja di toko Adi Kembar tersebut memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuesioner.

Variabel penelitiannya adalah kepuasan pengalaman berbelanja sebagai variabel bebas atas loyalitas konatif, jenis kelamin, ukuran rumah tangga, umur, pendapatan dan jarak sebagai variabel dummy atas loyalitas konatif. Variabel loyalitas konatif sebagai variabel variabel terikat dari kepuasan pengalaman berbelanja, jenis kelamin, ukuran rumah tangga, umur, pendapatan dan jarak dan sebagai variabel bebas dari loyalitas tindakan Variabel loyalitas tindakan yang menjadi variabel terikat bagi loyalitas konatif.

Metode pengolahan data dan analisis menggunakan analisis regresi berganda, analisis determinasi berganda serta uji asumsi klasik yang terdiri dari multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan uji normalitas data dan linieritas data. Pengujian asumsi klasik digunakan agar model regresi yang dihasilkan tidak bias.

Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t dengan taraf signifikan 5%. Seluruh proses pengolahan data menggunakan batuan program SPSS 17.0 for windows.

Hasil perhitungan rata-rata butir kepuasan berbelanja menunjukkan bahwa rata-rata butir kepuasan berbelanja keseluruhan sebesar 3,75, kecepatan berbelanja sebesar 3,77, efektivitas waktu berbelanja sebesar 3,77 dan efisiensi berbelanja sebesar 3,79. dan skor rata-rata kepuasan adalah sebesar 3,77. Hasil perhitungan rata-rata butir lotalitas konatif menunjukkan bahwa rata-rata skor butir niat pembelian ulang konsumen sebesar 4,16, sedangkan butir niat untuk membeli lebih banyak menunjukkan skor rata-rata sebesar 3,82. dan butir keinginan untuk merekomendasikan mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,88. Rata-rata dari loyalitas konatif adalah sebesar 3,95.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kepuasan pengalaman berbelanja dan faktor demografi (jenis kelamin, ukuran rumah tangga, umur, pendapatan dan jarak) berpengaruh terhadap loyalitas konatif. Selanjutnya loyalitas konatif menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas tindakan.

Kata Kunci : kepuasan, faktor demografi, loyalitas toko.


Hasil Karya Skripsi:


Nama : Akbar Ilham Jamroni

Nomor Mahasiswa : 05311182

Program Studi : Manajemen

Bidang Konsentrasi : Pemasaran


UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

FAKULTAS EKONOMI

YOGYAKARTA






Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

Thursday, February 11, 2010

BISNIS

Kata bisnis sudah tidak asing lagi di dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian bisnis adalah isitlah umum yang menggambarkan aktivitas atau kegiatan yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari. Aspek-aspek bisnis yaitu:
  1. Kegiatan individu dan kelompok
  2. Penciptaan nilai
  3. Penciptaan barang dan jasa
  4. Keuntungan melalui transaksi
Dalam perkembangannya, ilmu bisnis juga diberikan dalam kegiatan belajar mengajar di perkuliahan. Beberapa tujuan diberikannya mata kuliah tentang bisnis adalah:
  1. Memberikan dasar-dasar pengetahuan tentang bisnis yang memungkinkan mempergunakan potensi dalam dunia bisnis.
  2. Memberikan suatu tinjauan umum mengenai berbagai topik bisnis sehingga memungkinkan untuk menentukan bidang bisnis tertentu.
Berikut materi yang mengulas tentang pengantar bisnis:
  1. Bisnis dan lingkungan
  2. Memilih bentuk kepemilikan bisnis
  3. Etika bisnis dan tanggungjawab sosial
  4. Meningkatkan produktifitas dan mutu
  5. Strategi produk dan harga I
  6. Strategi produk dan harga II
  7. Strategi produk dan harga III
  8. Strategi produk dan harga IV
  9. Strategi distribusi
  10. Strategi promosi I
  11. Strategi promosi II
  12. Pendanaan
  13. Pendanaan II
  14. Perluasan Bisnis




Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

Wednesday, February 10, 2010

Tuesday, February 9, 2010

PENDANAAN II





Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

PENDANAAN




Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

STRATEGI PROMOSI II




Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

STRATEGI PROMOSI




Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

STRATEGI DISTRIBUSI




Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

Monday, February 8, 2010

STRATEGI PRODUK & HARGA IV




Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html