PEMETAAN MATERI TEMATIK
Tema : VI/ Lingkungan
Kelas / Semester : I / 1
Pert. ke- | Mata Pelajaran | SK | KD | Indikator |
Tgl. | ||||
1 Jumat (23/10/09)
| Bahasa Jawa |
|
| |
2 Sabtu (24/10/09) | Bahasa Indonesia | Membaca 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring |
|
|
Matematika | Geometri dan pengukuran 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | 2.1. Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari, dan jam (secara bulat) |
| |
3 Senin (26/10/09) | IPA | Benda dan sifatnya 3. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda. | 3.1. Mengidentifikasi benda yang ada dilingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan |
|
4 Selasa (27/10/09) | Matematika | Geometri dan pengukuran 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | 2.2. Menentukan waktu ( pagi, siang, malam ) hari, dan jam ( secara bulat ) |
|
PKn | 2. Membiasakan tertib dirumah dan disekolah | 2.1. Menjelaskan pentingnya tata tertib dirumah dan disekolah |
| |
Pert. ke- | Mata Pelajaran | SK | KD | Indikator |
Hari/Tgl. | ||||
5 Rabu (28/10/09) | Bahasa Indonesia | Mendengarkan 1. Memahami bunyi bahasa perintah dan dongeng yang dilisankan | 1.1. Membedakan berbagai bunyi bahasa |
|
IPA | Benda dan sifatnya 3. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda. | 3.1. Mengidentifikasi benda yang ada dilingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan |
| |
SBK | 2.2. Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/ menyobek |
| ||
6 Kamis (29/10/09) | Matematika | Geometri dan pengukuran 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | 2.2. Menentukan waktu ( pagi, siang, malam ) hari, dan jam ( secara bulat ) |
|
Bahasa Indonesia
| Menulis 4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin | 4.1. Menjiplak berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk huruf. |
| |
IPS | 1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga | 1.4. Menunjukkan sikap rukun dalam kemajemukan keluarga |
| |
7 Jumat (30/10/09) | Bahasa Jawa |
| ||
8 Sabtu (31/10/09)
| Bahasa Indonesia
| 2. Membaca Mengungkapkan pikiran perasaan dan informasi secara lesan dengan gambar percakapan sederhana dan dongeng | 2.3. Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana |
|
Pert. ke- | Mata Pelajaran | SK | KD | Indikator |
Hari/Tgl. | ||||
| ||||
Matematika | Geometri dan pengukur 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | 2.2. Menentukan lama suatu kejadian berlangsung |
| |
9 Senin (2/11/09) | IPA | Benda dan sifatnya 3. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda. | 3.1. Mengidentifikasi benda yang ada dilingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan |
|
10 Selasa (3/11/09) | Matematika | Geometri dan pengukuran 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | 2.4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang |
|
PKn | 2. Membiasakan hidup tertib dirumah dan disekolah | 2.1. Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah |
| |
SBK | 2.2. Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/ menyobek |
| ||
11 Rabu (4/11/09) | Bahasa Indonesia | Menulis 4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin | 4.4. Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar |
|
IPA |
| Ulangan harian
| ||
Pert. ke- | Mata Pelajaran | SK | KD | Indikator |
Hari/Tgl | ||||
SBK | 6.1. Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan |
| ||
12 Kamis (5/11/09) | Matematika |
| ||
Bahasa Indonesia |
| |||
IPS | 1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga | 1.4. Menunjukkan sikap rukun dalam kemajemukan keluarga |
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Tema : Lingkungan
Sub Tema : Lingkungan kelas
Kelas / semester : I / 1
Alokasi : 2 jam pelajaran = 1x pertemuan
Pert. ke- | Mata Pelajaran | SK | KD | Indikator |
Tgl. | ||||
1 Jumat (23/10/09)
| Bahasa Jawa |
|
|
- Tujuan Pembelajaran
- Melalui pengamatan model, siswa dapat menirukan perintah sederhana
- Melalui pengamatan model, siswa dapat menyebutkan perintah sederhana
- Melalui model pembelajaran kooperatif, siswa dapat melakukan sesuatu sesuai perintah
- Materi Ajar (Materi Pokok)
- Bahasa Jawa
- Melakukan sesuatu sesuai perintah
- Melakukan sesuatu sesuai perintah
- Pendekatan / Metode
- Pendekatan
- Pakem
- Kooperatif
- Tematik
- Pakem
- Metode
- Tanya jawab
- Ceramah
- Penugasan
- Tanya jawab
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
- Kegiatan diawali dengan berdoa bersama
- Siswa diajak menyanyi tembang "Ilir-ilir"
- Kegiatan diawali dengan berdoa bersama
- Kegiatan inti
- Guru menunjukkan contoh perintah sederhana pada tembang tersebut' misalnya penekna, domono, jlumatana
- Guru menuliskan atau memajangkan bacaan di papan tulis
umi dolanan karo adhine
adhine umi jenenenge abi
umi ngucap lungguha
abi banjur lungguh
wektu adhine nangis
umi ngucap menenga
abi banjur meneng
- Siswa membaca bersama-sama bacaan yang ada di papan tulis
- Siswa menyebutkan beberapa kalimat sederhana yang ada pada bacaan di papan tulis
- Dengan bimbingan guru siswa secara berpasangan memperagakan kalimat perintah yang ada pada bacaan
- Siswa melakukan kalimat perintah sesuai dengan petunjuk, permaintaan atau perintah guru
- Guru menunjukkan contoh perintah sederhana pada tembang tersebut' misalnya penekna, domono, jlumatana
- Kegiatan penutup
- Merefleksi kembali kegiatan yang telah dulakukan
- Pesan guru agar siswa selalu memeperhatikan bila diberi petunjuk, ataupun perintah oleh orang tua maupun guru.
- Tindak lanjut
- Penilaian Hasil Belajar
- Bahasa Jawa
Petunjuk guru
- Petunjuk Guru :
Coba mirengna banjur peragakna dhawune bu guru
"Ngadeka, lungguha, noleha ngiwa, noleha nengen, merema, meleka, salaman karo kanca, mesema, ngguyua"
- Pedoman penilaian
No. | Aspek yang dinilai | Skor |
1 | Keberanian melakukan peragaan | 0 – 30 |
2 | Respon terhadap perintah | 0 – 35 |
3 | Ketepatan dalam melakukan perintah | 0 – 35 |
Skor maksimal | 100 |
- Sumber / Alat
- Tembang-tembang Jawa yang memuat perintah
- Teks bacaan buatan guru
- Petunjuk, perintah
- Tembang-tembang Jawa yang memuat perintah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Tema : Lingkungan
Sub Tema : Sawah
Kelas / semester : I / 1
Alokasi : 4 jam pelajaran = 1x pertemuan
Pert. ke- | Mata Pelajaran | SK | KD | Indikator |
Tgl. | ||||
2 Sabtu (24/10/09) | Bahasa Indonesia | Membaca 3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring |
|
|
Matematika | Geometri dan pengukuran 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | 2.1. Menentukan waktu (pagi, siang, malam) hari, dan jam (secara bulat) |
|
- Tujuan Pembelajaran
- Melalui pengamatan model, siswa dapat membaca nyaring kalimat sederhana
- Melalui pengamatan model, siswa dapat membaca kalimat dengan lafal dan intonasi yang benar
- Melalui model pembelajaran kooperatif, siswa dapat menjawab pertanyaan isi bacaan
- Melalui pengamatan, siswa dapat menentukan waktu pagi, siang, sore, dan malam
- Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan nama-nama hari
- Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa dapat mengenal konsep waktu (lama atau sebentar)
- Materi Ajar (Materi Pokok)
- Bahasa Indonesia
- Membaca nyaring teks sederhana berjudul Sawah Pak Tani
- Membaca nyaring teks sederhana berjudul Sawah Pak Tani
- Matematika
- Mengenal waktu (hari dan jam)
- Mengenal waktu (hari dan jam)
- Pendekatan / Metode
- Pendekatan
- Pakem
- Kooperatif
- Tematik
- Pakem
- Metode
- Tanya jawab
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Diskusi
- Tanya jawab
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
Kegiatan diawali dengan berdoa bersama
Guru mengajak siswa menyanyikan lagu "Menanam Jagung"
Guru bertanya kepada siswa :
- Dimana jagung bisa ditanam?
- Selain di kebun dimana lagi? (guru mengharapkan jawaban siswa bermacam-macam ada lading dan sawah)
- Siapa yang pernah melihat sawah atau ladang atau kebun?
- Siapa yang pernah pergi ke sawah atau ladang atau kebun ?
- Apa yang kamu lihat di sawah atau ladang atau kebun?
- Siapa yang biasanya mengolah sawah atau ladang atau kebun?
- Kapan pak tani berangkat ke sawah atau ladang atau kebun?
- Siapa yang pernah melihat sawah atau ladang atau kebun?
- Dimana jagung bisa ditanam?
- Kegiatan inti
- Guru memajang atau menulis teks berjudul "sawah pak tani" di papan tulis
sawah pak tani
pak tani mempunyai sebidang sawah. pada musim penghujan sawah pak tani ditanami padi. pada musim kemarau ditanami jagung.
setiap pagi hari pak tani pergi ke sawah. ia membawa
sabit dan cangkul. pak tani rajin merawat tanaman di sawah.
pak tani pulang ke rumah pada sore hari.
sambil menunggu panen tiba pak tani selalu berdoa agar hasil panennya baik.
- Siswa menirukan contoh guru dalam membaca teks bacaan
- Siswa secara bergantian membaca teks bacaan, dan siswa yang lain menyimak
- Siswa mendiskusikan isi teks bacaan dengan bimbingan guru
- Siswa mengerjakan pertanyaan bacaan
- Siswa menyebutkan waktu pak tani berangkat dan pulang dari bertani di sawah, kebun atau ladang
- Guru membacakan sebuah cerita pendek dan siswa diharapkan merespon cerita guru
matahari mulai Nampak di ujung timur
tandanya pagi mulai datang
apa yang kamu lakukan ?
matahari mulai tinggi dan berada di atas kepala
tanda telah berganti siang
apa yang kamu lakukan?
matahari terbenam pada sore hari
hari semakin gelap udara semakin terasa dingin
apa yang kamu lakukan?
cuaca semakin gelap
kalau cuaca cerah biasanya terlihat bintang
tanda malam mulai datang
apa yang kamu lakukan?
- Siswa menyebutkan apa saja aktifitas di pagi hari
- Siswa menyebutkan apa saja yang dilakukan orang di siang hari
- Siswa menyebutkan apa saja kegiatan di malam hari
- Siswa menjawab soal dari gambar yang ditunjukkan guru
- Siswa membedakan waktu pagi, siang dan malam hari
- Siswa menyanyikan lagu "Nama-nama hari"
- Siswa menyebutkan nama-nama hari
- Siswa menuliskan nama-nama hari
- Melalui pengamatan dan bimbingan guru siswa menentukan pekerjaan pak tani di sawah, atau ladang atau kebun lama atau sebentar.
- Siswa mengerjakan latihan yang berkaitan dengan konsep waktu (lama atau sebentar)
- Kegiatan penutup
- Merefleksi kembali pelajaran
- Pesan guru agar bersyukur kepada Allah karena telah diberi tanah yang subur dan berterima kasih atas jasa petani
- Tindak lanjut
- Penilaian Hasil Belajar
- Bahasa Indonesia
- Penilaian Penampilan
- Penilaian Penampilan
No. | Aspek yang dinilai | Skor |
1 | Ketepatan lafal | 0 – 25 |
2 | Ketepatan jeda | 0 – 25 |
3 | Ketepatan intonasi | 0 – 25 |
4 | Kelancaran membaca | 0 – 25 |
Skor maksimal | 100 |
- Penilaian tertulis
Siswa menjawab pertanyaan bacaan
- Apa judul bacaan di atas?
- Kapan sawah pak tani ditanami jagung?
- Apa yang dibawa pak tani?
- Kapan pak tani pergi ke sawah ?
- Mengapa pak tani selalu berdoa ?
No. | Aspek yang dinilai | Skor |
1 | Ketepatan tulisan | 0 – 50 |
2 | Ketepatan jawaban | 0 – 50 |
Skor maksimal | 100 |
- Matematika
- Penilaian Proses
Siswa menyebutkan menentukan waktu pagi, siang, sore, dan malam serta kegiatan yang dilakukan pada waktu-waktu tersebut
- Penilaian tertulis
- Siswa menuliskan nama-nama hari
- Siswa menuliskan nama-nama hari
Tuliskan nama-nama hari secara urut dan benar !
- Siswa mengenal konsep waktu (lama atau sebentar) melalui latihan tertulis
Berilah tanda (v) untuk kegiatan yang lama atau sebentar !
- Penilaian Proses
- Sumber / Alat
- Teks bacaan buatan guru
- Sawah atau gambar sawah dan benda-benda sawah
Darat, 23 Oktober 2009
- Teks bacaan buatan guru
Mengetahui Kepala Sekolah
SUNARTI, S.Pd. NIP.19630131 198303 2 002 |
Guru Kelas
JUYATMINAH, S.Pd. NIP. 19660101 198604 2 004 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Tema : Lingkungan
Sub Tema : Lingkungan Kelas
Kelas / semester : I / 1
Alokasi : 2 jam pelajaran = 1x pertemuan
Pert. ke- | Mata Pelajaran | SK | KD | Indikator |
Tgl. | ||||
3 Senin (26/10/09) | IPA | Benda dan sifatnya 3. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda. | 3.1. Mengidentifikasi benda yang ada dilingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan |
|
- Tujuan Pembelajaran
- Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan benda yang ada di lingkungan sekitar
- Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa dapat menentukan cirri-ciri benda yang ada di lingkungan sekitar
- Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan benda berdasarkan ciri-cirinya
- Materi Ajar (Materi Pokok)
- IPA
- Mengelompokkan benda berdasar kesamaan ciri-cirinya
- Pendekatan / Metode
Pendekatan
- Pakem
- Kooperatif
- Tematik
- Pakem
Metode
- Tanya jawab
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Diskusi
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
Kegiatan diawali dengan berdoa bersama
Guru bertanya kepada siswa :
- Coba kamu amati dan sebutkan benda-benda apa saja yang ada di kelas ini?
- Coba kamu sebutkan nama-nama benda lainnya yang kamu ketahui, boleh yang di luar kelas ini!
- Kegiatan inti
- Siswa diminta mencatat ciri-ciri fisik benda yang ditunjukkan guru
- Siswa diminta mengelompokkan benda-benda hasil pengamatan berdasar kesamaan ciri-ciri fisiknya
- Siswa membacakan hasil pengamatan
- Siswa mengerjakan LKS yang dibagi guru
- Siswa dibimbing mendiskusikan hasil kerja LKS
- Kegiatan penutup
- Merefleksi kembali pelajaran
- Pesan guru agar bersyukur kepada Allah
- Tindak lanjut
- Kegiatan pendahuluan
- Penilaian Hasil Belajar
- IPA
Penilaian tertulis
Siswa menuliskan benda yang ada di kelas
- Tuliskan benda-benda yang kamu lihat di kelas!
- Tuliskan benda-benda yang kamu lihat di kelas!
No. | Nama Benda |
1 | |
2 | |
3 | |
4 | |
5 | |
- Siswa mengerjakan LKS dari guru yang berhubungan dengan benda dan ciri-cirinya
- Sumber / Alat
- Ruang kelas
- Benda-benda dalam kelas
- Benda-benda lain yang disiapkan guru
- Ruang kelas
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Tema : Lingkungan
Sub Tema : Lingkungan Rumah
Kelas / semester : I / 1
Alokasi : 6 jam pelajaran = 1x pertemuan
Pert. ke- | Mata Pelajaran | SK | KD | Indikator |
Tgl. | ||||
4 Selasa (27/10/09) | Matematika | Geometri dan pengukuran 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | 2.2. Menentukan waktu (pagi, siang, malam) hari, dan jam (secara bulat) |
|
PKn | 2. Membiasakan tertib dirumah dan disekolah | 2.1. Menjelaskan pentingnya tata tertib dirumah dan disekolah |
| |
SBK | Seni Rupa 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.2. Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/ menyobek |
|
- Tujuan Pembelajaran
- Melalui pengamatan contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan gambar sisi muka jam
- Melalui penjelasan guru dan demonstrasi, siswa dapat menunjukkan jarum pendek dan jarum panjang pada sisi muka jam
- Melalui penjelasan guru dan demonstrasi, siswa dapat membaca angka yang ditunjukkan oleh gambar jam
- Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan contoh tata tertib di rumah dan dapat melaksanakannya
- Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan pentingnya hidup tertib
- Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan akibat jika tidak mentaati tata tertib
- Melalui penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat membuat pola persegi, persegi panjang dan segitiga
- Melalui penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat menyobek pola yang sudah dibuat dan menempelkan pola menjadi bentuk lainnya
- Materi Ajar (Materi Pokok)
- Matematika
- Membaca jam
- Membaca jam
- PKn
- Tata tertib di rumah dan di sekolah
- Tata tertib di rumah dan di sekolah
- SBK
- Teknik menggunting dan menyobek
- Teknik menggunting dan menyobek
- Pendekatan / Metode
- Pendekatan
- Pakem
- Kooperatif
- Tematik
- Pakem
- Metode
- Tanya jawab
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Diskusi
- Tanya jawab
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
Kegiatan diawali dengan berdoa bersama
Guru bertanya kepada siswa :
- Jam berapa kalian bangun tidur?
- Jam berapa kalian mandi pagi?
- Jam berapa kalian berangkat sekolah?
- Siapa di rumah yang memiliki jam dinding?
- Siapa yang bisa membaca jam ?
- Kegiatan inti
- Guru menunjukkan alat peraga jam dinding
- Siswa diminta mengamati lalu menyebutkan yang mana jarum jam panjang dan mana yang pendek pada muka jam
- Siswa diminta untuk menyebutkan letak jarum panjang dan jarum panjang pada muka jam
- Dengan bimbingan guru, siswa diminta menyebutkan jam berapa yang ditunjukkan oleh muka jam (secara bulat)
- Siswa mengerjakan soal yang berhubungan dengan jarum jam
- Siswa menyebutkan contoh tata tertib di rumah dan dapat melaksanakannya
- Dengan bimbingan guru siswa menjelaskan pentingnya hidup tertib dan menjelaskan akibat jika tidak mentaati tata tertib
- Siswa mengerjakan LKS yang dibagi guru
- Siswa dibimbing mendiskusikan hasil kerja LKS
- Siswa membuat pola bentuk jam dengan cara menjiplak
- Siswa menggunting pola
- Siswa menempelkan guntingan pola menjadi bentuk jam dan menghiasnya
- Kegiatan penutup
- Merefleksi kembali pelajaran
- Pesan guru
- Tindak lanjut
- Penilaian Hasil Belajar
- Matematika
- Penilaian Proses
Guru membuat format penilaian pada proses pembelajaran matematika
No | Nama Siswa | Skor Maks. |
1 | Kemampuan membedakan jarum panjang dan jarum pendek | 20 |
2 | Kemampuan menyebutkan letak jarum panjang dan jarum pendek | 40 |
3 | Kemampuan membaca angka yang ditunjukkan oleh jarum jam | 40 |
Jumlah Skor Maksimal | 100 |
- Tes Tertulis
- PKn
Tes Tertulis!
Berilah tanda silang (x) untuk pada pernyataan yang sesuai!
No. | Nama Kegiatan | Perilaku | |
tertib | Tidak tertib | ||
1 | Bangun tidur segera merapikan tempat tidur | ||
2 | Sebelum makan mencuci tangan | ||
3 | Langsung makan tanpa berdoa | ||
4 | Selalu malas bangun pagi | ||
5 | Setelah membaca buku, buku dikembalikan pada tempatnya | ||
6 | Setelah makan piring dibiarkan di meja makan | ||
7 | Malas membantu ibu | ||
8 | Setiap minggu mencuci sepatu | ||
9 | Seminggu sekali kuku dipotong | ||
10 | Malas mengerjakan PR |
Skor : setiap jawaban benar bernilai 10
- SBK
Penilaian Produk
Dengan bimbingan guru, siswa membuat karya dengan teknik menjiplak dan menggunting
- Sumber / Alat
- Jam dinding tiruan
- Gambar-gambar muka jam
- LKS yang dibuat guru
- Gunting, lem, kertas warna warni, buku gambar
- Jam dinding tiruan
Darat, 26 Oktober 2009
Mengetahui Kepala Sekolah
SUNARTI, S.Pd. NIP.19630131 198303 2 002 |
Guru Kelas
JUYATMINAH, S.Pd. NIP. 19660101 198604 2 004 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Tema : Lingkungan
Sub Tema : Lingkungan Sekolah
Kelas / semester : I / 1
Alokasi : 6 jam pelajaran = 1x pertemuan
Pert. ke- | Mata Pelajaran | SK | KD | Indikator |
Tgl. | ||||
5 Rabu (28/10/09) | Bahasa Indonesia | Mendengarkan 1. Memahami bunyi bahasa perintah dan dongeng yang dilisankan | 1.1. Membedakan berbagai bunyi bahasa |
|
IPA | Benda dan sifatnya 3. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda. | 3.1. Mengidentifikasi benda yang ada dilingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan |
| |
SBK | Seni Rupa 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.2. Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/ menyobek |
|
- Tujuan Pembelajaran
- Melalui pengamatan di lingkungan sekolah dan setelah mendengarkan berbagai bunyi, siswa dapat menirukan berbagai bunyi
- Melalui pengamatan di lingkungan sekolah dan setelah mendengarkan berbagai bunyi, siswa dapat membedakan berbagai bunyi yang didengarnya
- Melalui pengamatan di lingkungan sekolah dan setelah mendengarkan berbagai bunyi, siswa dapat melafalkan bunyi sesuai dengan informasi yang didengarnya
- Melalui pengamatan di lingkungan sekolah siswa dapat menentukan ciri-ciri fisik benda yang ada di lingkungan sekitar
- Melalui pengamatan di lingkungan sekolah siswa dapat menceritakan bentuk, ukuran, warna, bau, kasar/ halus, dan rasa benda
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat membuat karya bebas melalui teknik menggunting/ menyobek
- Materi Ajar (Materi Pokok)
- Bahasa Indonesia
- Membedakan bunyi
- Membedakan bunyi
- IPA
- Benda di lingkungan sekolah
- Benda di lingkungan sekolah
- SBK
- Karya dengan menggunting/ menyobek
- Pendekatan / Metode
- Pendekatan
- Pakem
- Kooperatif
- Tematik
- Pakem
- Metode
- Tanya jawab
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Diskusi
- Tanya jawab
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
- Guru mengajak siswa keluar kelas untuk pergi berjalan-jalan di sekitar lingkungan sekolah
- Guru mengajak siswa keluar kelas untuk pergi berjalan-jalan di sekitar lingkungan sekolah
- Kegiatan inti
- Guru meminta siswa mendengarkan dengan cermat semua bunyi yang ada di sekitar lingkungan sekolah
- Guru meminta siswa untuk menyebutkan bunyi apa saja yang telah didengarnya (harapan guru setiap siswa memiliki jawaban yang berbeda-beda)
- Guru memperdengarkan bunyi lainnya
- Siswa membedakan berbagai bunyi yang didengarnya
- Siswa melafalkan kembali bunyi sesuai petunjuk guru
- Setelah mendengarkan bunyi siswa mendiskripsikan benda-benda yang ditemukan di lingkungan sekolah
- siswa mendiskripsikan benda-benda lain selain yang ada di lingkungan sekolah
- Siswa menentukan ciri-ciri fisik benda yang ada di lingkungan sekolah dan yang bukan di lingkungan sekolah
- Siswa menceritakan bentuk, ukuran, warna, bau, kasar/halus, dan rasa benda yang ditemukan di lingkungan sekitar sekolah
- Siswa membuat karya bebas dengan teknik menggunting atau menyobek dengan tema lingkungan sekitar
- Guru meminta siswa mendengarkan dengan cermat semua bunyi yang ada di sekitar lingkungan sekolah
- Kegiatan penutup
- Merefleksi kembali pelajaran
- Tindak lanjut
- Merefleksi kembali pelajaran
- Penilaian Hasil Belajar
- Bahasa
IndonesiaPenilaian Proses
- IPA
Penilaian tertulis
Siswa menuliskan benda yang ada di lingkungan sekolah
Berilah tanda x (silang) benda-benda yang kamu lihat di lingkungan sekolah sesuaikan dengan ciri-cirinya !
No. | Aspek yang dinilai | Skor |
1 | Ketepatan jawaban | 0 – 100 |
Skor maksimal | 100 |
- SBK
- Jiplaklah gambar-gambar di bawah ini, pilihlah mana yang kamu sukai dan boleh kamu jiplak lebih dari satu !
- Guntinglah gambar yang telah kamu gambar!
- Tempelkan kertas yang telah kamu gunting, buatlah gambar yang indah dari kertas yang telah kamu gunting!
- Sumber / Alat
- Kebun (ladang atau sawah)
- Benda-benda di lingkungan sekolah
- Kertas warna, lem, gunting, dsb
Darat, 27 Oktober 2009
Mengetahui Kepala Sekolah
SUNARTI, S.Pd. NIP.19630131 198303 2 002 |
Guru Kelas
JUYATMINAH, S.Pd. NIP. 19660101 198604 2 004 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Tema : Lingkungan
Sub Tema : lingkungan Keluarga
Kelas / semester : I / 1
Alokasi : 6 jam pelajaran = 1x pertemuan
Pert. ke- | Mata Pelajaran | SK | KD | Indikator |
Tgl. | ||||
6 Kamis (29/10/09) | Matematika | Geometri dan pengukuran 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | 2.2. Menentukan waktu (pagi, siang, malam) hari, dan jam (secara bulat) |
|
Bahasa Indonesia
| Menulis 4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin | 4.1. Menjiplak berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk huruf. |
| |
IPS | 1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga | 1.4. Menunjukkan sikap rukun dalam kemajemukan keluarga |
|
- Tujuan Pembelajaran
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog (jam dinding)
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat menunjukkan waktu
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat menjiplak berbagai gambar
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat menjiplak lingkaran
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat menjiplak berbagai bentuk huruf
- Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan dan membedakan contoh hidup rukun dan tidak rukun dalam keluarga
- Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga
- Materi Ajar (Materi Pokok)
- Matematika
- Matematika
- Membaca tanda waktu/ jam
- Bahasa Indonesia
- Menjiplak berbagai gambar bentuk
- IPS
- Menunjukkan sikap rukun dalam keluarga
- Pendekatan / Metode
Pendekatan
- Pakem
- Kooperatif
- Tematik
Metode
- Tanya jawab
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Diskusi
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
Kegiatan diawali dengan berdoa bersama
Siswa diajak bernyanyi "Bangun Tidur"
Guru bertanya kepada siswa :
Jam berapa kalian bangun pagi, mandi, dan berangkat sekolah
- Kegiatan inti
- Siswa membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog (jam dinding)
- Siswa mengerjakan soal latihan untuk mengingat kembali tentang jam
- Guru mengingatkan kembali pada siswa tentang cara memegang pensil yang baik dan cara menulis yang baik (latihan lagi di udara)
- Guru meminta siswa menjiplak beberapa bentuk gambar dan beberapa huruf
- Guru membaca sebuah cerita pendek yang berhubungan dengan hidup rukun
- Siswa membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog (jam dinding)
- Kegiatan penutup
- Merefleksi kembali pelajaran
- Pesan guru agar bersyukur kepada Allah
- Tindak lanjut
- Merefleksi kembali pelajaran
- Penilaian Hasil Belajar
- Matematika
Penilaian Tertulis
Kerjakan soal-soal berikut ini
- Bahasa Indonesia
Penilaian Proses
- Jiplaklah beberapa gambar di bawah ini !
- Jiplaklah beberapa huruf di bawah ini !
- Jiplaklah beberapa gambar di bawah ini !
- IPS
Tes Tertulis
No. | Aspek yang dinilai | Skor |
1 | Ketepatan jawaban | 0 – 100 |
Skor maksimal | 100 |
- Sumber / Alat
- Kebun (ladang atau sawah)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Tema : Lingkungan Sub Tema : -- Kelas / semester : I / 1 Alokasi : 2 jam pelajaran = 1x pertemuan Pert. ke- Mata Pelajaran SK KD Indikator Tgl. 7 Jumat (30/10/09) Bahasa Jawa
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mengerjakan soal ulangan harian Bahasa Jawa
- Materi Ajar (Materi Pokok)
- Bahasa Jawa
- Bahasa Jawa
- Ulangan Harian
- Pendekatan / Metode
Pendekatan
- Pakem
- Kooperatif
- Tematik
Metode
- Penugasan
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
- Kegiatan pendahuluan
Kegiatan diawali dengan berdoa bersama
- Kegiatan inti
Siswa mengerjakan soal ulanga harian bahasa Jawa yang telah disiapkan guru
- Kegiatan penutup
Merefleksi kembali pelajaran
Tindak lanjut
- Penilaian Hasil Belajar
Tes Tertulis
(soal ulangan harian ada pada dokumen tersendiri)
- Sumber / Alat
- Soal ulangan harian Bahasa Jawa
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Tema : Lingkungan Sub Tema : Lingkungan Rumah Kelas / semester : I / 1 Alokasi : 4 jam pelajaran = 1x pertemuan Pert. ke- Mata Pelajaran SK KD Indikator Tgl. 8 Sabtu (31/10/09) Bahasa Indonesia 2. Membaca Mengungkapkan pikiran perasaan dan informasi secara lesan dengan gambar percakapan sederhana dan dongeng 2.3. Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana Matematika Geometri dan pengukur 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang 2.2. Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
- Tujuan Pembelajaran
- Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan benda-benda di sekitar rumah
- Melalui pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri fisik benda di sekitar rumah
- Melalui pengamatan, siswa dapat mendeskrisikan benda-benda berdasarkan ciri fisiknya
- Melalui pengamatan, siswa dapat menebak benda yang disebutkan oleh guru berdasarkan ciri-cirinya
- Melalui pengamatan, siswa dapat mendiskripsikan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
- Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan yang menggunakan waktu yang sedikit / pendek
- Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan yang menggunakan waktu yang lama
- Melalui pengamatan, siswa dapat membandingkan kegiatan yang menggunakan waktu lama dan sebentar
- Materi Ajar (Materi Pokok)
- Bahasa Indonesia
- Mendiskrisikan benda dan anggota tubuh
- Matematika
- Waktu
- Pendekatan / Metode
Pendekatan
- Pakem
- Kooperatif
- Tematik
Metode
- Tanya jawab
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Diskusi
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
- Siswa diajak menyanyikan lagu "Lihat Kebunku" dan "Dua Mata Saya"
- Kegiatan inti
- Siswa diminta menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar rumah
- Siswa mengidentifikasi ciri-ciri fisik benda di sekitar rumah
- Siswa mendeskrisikan benda-benda berdasarkan ciri fisiknya
- Siswa menebak benda yang disebutkan oleh guru berdasarkan ciri-cirinya
- Siswa mendiskripsikan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
- Siswa menyebutkan contoh kegiatan yang menggunakan waktu yang sedikit / pendek
- Siswa menyebutkan contoh kegiatan yang menggunakan waktu yang lama
- Membandingkan kegiatan yang menggunakan waktu lama dan sebentar
- Kegiatan penutup
- Merefleksi kembali pelajaran
- Pesan guru agar bersyukur kepada Allah karena telah diberi tubuh yang sehat
- Tindak lanjut
- Penilaian Hasil Belajar
- IPA
Penilaian tertulis
Siswa menuliskan benda yang ada di sawah.
Tuliskan benda-benda yang biasa kamu lihat di rumah !
No. | Benda di rumah |
1 | |
2 | |
3 | |
4 | |
5 |
No. | Aspek yang dinilai | Skor |
1 | Ketepatan jawaban | 0 – 100 |
Skor maksimal | 100 |
Matematika
Tes tertulis
- Berilah tanda silang (x) untuk kegiatan yang lama dan tanda √ (centang) untuk kegiatan yang sebentar
No | Jenis Kegiatan | ||
1 | Makan | ||
2 | Mandi | ||
3 | Tidur | ||
4 | Mengerjakan PR | ||
5 | Ibu memasak di dapur | ||
6 | dst |
- Sumber / Alat
- Lingkungan rumah
- Benda di lingkungan sekitar
- LKS buatan guru
- Lingkungan rumah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Tema : Lingkungan Sub Tema : Benda di Lingkungan Sekolah Kelas / semester : I / 1 Alokasi : 2 jam pelajaran = 1x pertemuan Pert. ke- Mata Pelajaran SK KD Indikator Tgl. 9 Senin (2/11/09) IPA Benda dan sifatnya 3. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda. 3.1. Mengidentifikasi benda yang ada dilingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
- Tujuan Pembelajaran
- Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan benda yang ada di lingkungan sekitar
- Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa dapat menentukan ciri-ciri benda yang ada di lingkungan sekitar
- Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan benda berdasarkan ciri-cirinya
- Materi Ajar (Materi Pokok)
- IPA
- Identifikasi benda di lingkungan sekitar
- Pendekatan / Metode
Pendekatan
- Pakem
- Kooperatif
- Tematik
Metode
- Tanya jawab
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Diskusi
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
- Siswa diminta menyebutkan benda-benda apa yang ditemui di lingkungan kelas
- Siswa diajak keluar kelas dan mengidentifikasi benda-benda apa saja yang ada di sekitar sekolah
- Siswa diminta menyebutkan benda-benda apa yang ditemui di lingkungan kelas
- Kegiatan inti
- Siswa menyebutkan ciri-ciri benda yang ada di sekitar sekolah
- Siswa mengelompokkan benda-benda berdasarkan ciri-cirinya
- Siswa diminta mencatat ciri-ciri fisik benda yang ditunjukkan guru
- Siswa membacakan hasil pengamatan
- Siswa mengerjakan LKS yang dibagi guru
- Siswa dibimbing mendiskusikan hasil kerja LKS
- Siswa menyebutkan ciri-ciri benda yang ada di sekitar sekolah
- Kegiatan penutup
- Merefleksi kembali pelajaran
- Pesan guru agar bersyukur kepada Allah karena telah diberi tanah yang subur
- Tindak lanjut
- Penilaian Hasil Belajar
- IPA
Penilaian tertulis
- Sumber / Alat
- Lingkungan sekolah
- Benda-benda yang ada di sekitar sekolah
- Benda-benda lain yang ditunjukkan guru
- LKS buatan guru
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Tema : Lingkungan Sub Tema : Sekolahku Kelas / semester : I / 1 Alokasi : 6 jam pelajaran = 1x pertemuan Pert. ke- Mata Pelajaran SK KD Indikator Tgl. 10 Selasa (3/11/09) Matematika Geometri dan pengukuran 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang 2.4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang PKn 2. Membiasakan hidup tertib dirumah dan disekolah 2.1. Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah SBK 2.2. Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/ menyobek
- Tujuan Pembelajaran
- Dengan bimbingan guru siswa dapat menyelesaikan soal yang berhubungan dengan waktu sebentar dan lama
- Dengan bimbingan guru siswa dapat menyelesaikan soal yang berhubungan dengan jam
- Dengan bimbingan guru siswa dapat menyebutkan contoh tata tertib di sekolah
- Dengan bimbingan guru siswa dapat menjelaskan salah satu contoh tata tertib di sekolah
- Dengan bimbingan guru siswa dapat melaksanakan tata tertib disekolah
- Dengan bimbingan guru siswa dapat membuat karya ekspresif berbagai tema imajinatif menggunakan teknik menggunting/ menyobek
- Materi Ajar (Materi Pokok)
- Matematika
- Waktu
- Waktu
- PKn
- Tata Tertib di sekolah
- Tata Tertib di sekolah
- SBK
- Ekspresi melalui teknik menggunting/ menyobek
- Pendekatan / Metode
Pendekatan
- Pakem
- Kooperatif
- Tematik
- Pakem
Metode
- Tanya jawab
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Diskusi
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
Guru mengajak siswa menyanyikan lagu "Bangun Tidur"
- Kegiatan inti
- Guru mengingatkan kembali pada siswa tentang waktu kegiatan
- Siswa mengidentifikasi lagi kegitan-kegiatan yang dilakukan baik di rumah maupun di sekolah
- Siswa menuliskan kegitan-kegitan tersebut pada bukunya
- Siswa memberikan tanda pada jenis megitan tersebut untuk mengklasifikasikan mana kegiatan yang lama dan mana kegiatan yang sebentar
- Siswa Menyelesaikan soal yang berhubungan dengan waktu sebentar dan lama
- Siswa menyelesaikan soal yang berhubungan dengan jam
- Dengan bimbingan guru siswa menyebutkan contoh tata tertib di sekolah
- Siswa menjelaskan salah satu contoh tata tertib di sekolah
- Siswa melaksanakan tata tertib disekolah
- Dengan bimbingan guru siswa dapat membuat karya ekspresif berbagai tema imajinatif menggunakan teknik menggunting/ menyobek
- Kegiatan penutup
- Merefleksi kembali pelajaran
- Pesan guru agar siswa selalu berperilaku tertib dan tidak menyia-nyiakan waktu, dan agar menggunkan waktu sebaik-baiknya untuk kegiatan yang bermanfaat
- Tindak lanjut
- Penilaian Hasil Belajar
- Matematika
Penilaian Proses
Siswa mengidentifasi kegiatan biak di rumah maupun di sekolah
Siswa mengklasifikasikan kegitan menurut waktunya (lama atau sebentar)
1. Tulislah kegitan yang kamu lakukan mulai dari banguntidur sampai tidur sampai malam menjelang tidur.
2. Berilah tanda x (silang) untuk kegitannmu yang lama dan tanda √ (centang) untuk kegiatan yang sebentar
No | Nama Kegiatan | Lama | Sebentar |
1 | |||
2 | |||
3 | |||
4 |
Tes Tertulis
- PKn
- Penilaian Proses
Dilakukan guru selama pembelajaran berlangsung, bukan tertulis tapi hanya lesan saja
Coba sebutkan contoh tata tertib di sekolah?
Mengapa kita harus berperilaku tertib
- Tes Tertulis
Berilah tanda √ (centang) untuk perilaku yang tertib dan tanda x (silang) untuk perilaku yang tidak tertib!
- Penilaian Proses
No | Kegiatan | Tertib | Tidak Tertib |
1 | Berangkat sekolah tidak terlambat | ||
2 | Malas bangun pagi | ||
3 | Mandi dua kali sehari | ||
4 | Tidak mencuci tangan sebelum makan | ||
5 | Tidak mengerjakan PR | ||
6 | Berdoa sebelum makan | ||
7 | Membersihkan kelas saat piket | ||
8 | Tidak membawa pensil ke sekolah | ||
9 | Mengikuti upacara bendera | ||
10 | Member slam pada bu guru |
- SBK
Penilaian Produk
Guntinglah bentuk-bentuk bangun di bawah ini, kemudian tempelkan pada buku gambarmu, jangan lupa buatlah menjadi gambar yang indah (kamu boleh menambahkan bentuk yang lain)!
- Sumber / Alat
- LKS dari guru
- Lingkunga sekolah
- Kertas, gunting, lem
- LKS dari guru
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Tema : Lingkungan
Sub Tema : Kebun Sekolah
Kelas / semester : I / 1
Alokasi : 6 jam pelajaran = 1x pertemuan
Pert. ke- | Mata Pelajaran | SK | KD | Indikator |
Tgl. | ||||
11 Rabu (4/11/09) | Bahasa Indonesia | Menulis 4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin | 4.4. Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar |
|
IPA | Ulangan harian | |||
SBK | 6.1. Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan |
|
- Tujuan Pembelajaran
- Melalui pengamatan gambar yang ditunjukkan oleh guru, siswa dapat mendiskripsikan isi gambar secara lisan
- Melalui pengamatan gambar yang ditunjukkan oleh guru, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi gambar
- Melalui pengamatan gambar yang ditunjukkan oleh guru, siswa dapat melengkapi kalimat berdasarkan isi gambar
- Siswa dapat mengerjakan ulangan harian
- Dengan bimbingan dan petunjuk dari guru, siswa dapat melakukan gerak tari dengan iringan tepukan/ hitungan
- Dengan bimbingan dan petunjuk dari guru, siswa dapat melakukan gerak tari sesuai dengan keinginannya sendiri
- Materi Ajar (Materi Pokok)
- Bahasa Indonesia
- Bahasa Indonesia
- Mendiskrisikan gambar
- IPA
- Ulangan Harian
- SBK
- Menanggapi rangsang bunyi
- Pendekatan / Metode
- Pendekatan
- Pendekatan
- Pakem
- Kooperatif
- Tematik
- Metode
- Tanya jawab
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Diskusi
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
Guru bertanya kepada siswa :
Siapa yang pernah melihat kebun (ladang atau sawah)?
Siapa yang pernah pergi ke kebun (ladang atau sawah)?
Apa yang kamu lihat di kebun (ladang atau sawah)?
Benda (bukan makhluk hidup) apa yang ada di kebun (ladang atau sawah)?
- Kegiatan inti
- Guru menunjukkan beberapa gambar pada siswa
- Perhatikan gambar di bawah ini !
- Ceritakan apa yang kamu ketahui tentang gambar tersebut!
- Apa yang dilakukan Sari? (sesuai gambar 1)
- Apa yang dilakukan Reni ? (sesuai gambar 2)
- Apa yang dilakukan Rudi ? (sesuai gambar 3)
- Apa yang dilakukan Sari? (sesuai gambar 1)
- Guru menunjukkan beberapa gambar pada siswa
- Sari sedang membuang ….
- Rina sedang mencuci ….
- Rudi sedang . . . tangan ibu
- Siswa mengerjakan LKS yang dibagi guru
- Siswa dibimbing mendiskusikan hasil kerja LKS
- Siswa mengerjakan soal ulangan harian IPA
- Siswa melakukan gerak tari dengan iringan tepukan/ hitungan
- Siswa melakukan gerakan tari sesuai dengan keinginannya sendiri
- Kegiatan penutup
- Merefleksi kembali pelajaran
- Pesan guru agar bersyukur kepada Allah
- Tindak lanjut
- Merefleksi kembali pelajaran
- Penilaian Hasil Belajar
- Bahasa Indonesia
Penilaian Proses
Tes Tertulis
No. | Aspek yang dinilai | Skor |
1 | Ketepatan jawaban | 0 – 100 |
Skor maksimal | 100 |
- IPA
Penilaian tertulis
Siswa mengerjakan soal ulangan harian IPA
- SBK
- Coba lakukan gerakan sesuai dengan tepukan ibu guru
(guru bertepuk siswa bergerak sesuai dengan tepukan)
- Sekarang coba dengarkan musik berikut ini kemudian menarilah sesuai dengan irama lagu yang kamu dengar!
- Sumber / Alat
- Gambar (sesuai dengan tema)
- LKS buatan guru
- Soal ulangan harian
- Musik yang sesuai
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Tema : Lingkungan
Sub Tema : Sekolahku
Kelas / semester : I / 1
Alokasi : 2 jam pelajaran = 1x pertemuan
Pert. ke- | Mata Pelajaran | SK | KD | Indikator |
Tgl. | ||||
12 Kamis (5/11/09) | Matematika |
| ||
Bahasa Indonesia |
| |||
IPS | 1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga | 1.4. Menunjukkan sikap rukun dalam kemajemukan keluarga |
|
- Tujuan Pembelajaran
- Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan contoh hidup rukun dengan teman
- Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dengan teman
- Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa dapat memberi contoh akibat tidak rukun dengan teman
- Siswa dapat mengerjakan soal ulangan harian Matematika dan Bahasa Indonesia
- Materi Ajar (Materi Pokok)
- Matematika
- Matematika
- Ulangan Harian
- Bahasa Indonesia
- Ulangan Harian
- IPS
- Menunjukkan sikap rukun di sekolah
- Pendekatan / Metode
- Pendekatan
- Pendekatan
- Pakem
- Kooperatif
- Tematik
- Metode
- Tanya jawab
- Ceramah
- Penugasan
- Pengamatan
- Diskusi
- Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan pendahuluan
- Kegiatan diawali dengan doa
- Siswa diajak menyanyikan lagu "Satu-satu Aku Sayang Ibu" dan "Oh Ibu dan Ayah Selamat Pagi"
- Kegiatan diawali dengan doa
- Kegiatan inti
- Siswa diminta mengerjakan soal ulangan harian Matematika
- Siswa diajak menyanyi lagi
- Guru meminta siswa menyebutkan siapa yang dimaksud dengan kata sayang semuanya (dengan harapan ada jawaban dari siswa : teman)
oh ibu dan ayah selamat pagi
kupergi sekolah sampai kau nanti
selamat belajar nak penuh semangat
rajinlah selalu tentu kau dapat
hormati gurumu sayangi teman
itulah tandanya kau murid budiman
- Guru menjelaskan bahwa di sekolah siswa harus menyayangi guru dan teman
- Siswa menjelaskan arti menyayangi, yang salah satunya dengan cara rukun dengan sesama teman
- Siswa menyebutkan contoh hidup rukun dengan teman
- Siswa menjelaskan manfaat hidup rukun dengan teman
- Siswa memberi contoh akibat tidak rukun dengan teman
- Siswa mengerjakan soal ulangan Bahasa Indonesia
- Siswa diminta mengerjakan soal ulangan harian Matematika
- Kegiatan penutup
- Merefleksi kembali pelajaran
- Pesan guru agar siswa selalu rukun dan menyayangi teman dan gurunya di sekolah
- Tindak lanjut
- Merefleksi kembali pelajaran
- Penilaian Hasil Belajar
- Matematika
Tes tertulis
Mengerjakan soal ulangan harian Matematika (soal ada pada dokumen tersendiri)
- Bahasa Indonesia
Tes tertulis
Mengerjakan soal ulangan harian Bahasa Indonesia (soal ada pada dokumen tersendiri)
- IPS
Penilaian Proses
- Sumber / Alat
- Lingkungan Sekolah
- LKS buatan guru
- Soal ulngan harian Matematika dan Bahasa Indonesia
0 comments:
Post a Comment
Tinggalkanlah komentar (dengan sopan) setelah membaca artikel berikut demi perbaikan dan kesempurnaan artikel berikutnya. Mohon maaf, apabila komentar mengandung spam, dengan sangat terpaksa akan saya hapus. Makasih telah berkunjung disini.