Wednesday, September 30, 2009

SKRIPSI ILMU KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN

HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN SENAM HAMIL DENGAN LAMA PERSALINAN KALA I PADA IBU PRIMIGRAVIDA DI RUMAH SAKIT KHUSUS IBU DAN ANAK “SADEWA” YOGYAKARTA

Oleh :
Triwiji Pratiwi
C/KP/VIII 04.05.1125


INTISARI

Senam hamil bukanlah suatu hal yang aneh dan luar biasa. Wanita-wanita di Negara maju sangat menyukai senam dan latihan fisik, baik selagi hamil maupun di luar kehamilan, untuk menjaga kondisi fisik dan mentalnya. Di Indonesia hal ini baru disadari oleh sekelompok masyarakat kota-kota besar. Latihan senam hamil yang diberikan di Rumah Sakit dan di rumah dalam waktu-waktu senggang secara teratur, akan dapat menuntun wanita hamil ke arah persalinan yang fisiologis. Prenatal care tidak dapat dilakukan sempurna apabila dalam penyelenggaraannya tidak disertai dengan persiapan mental dan fisik yang dapat diperoleh melalui senam hamil. Mengikuti latihan senam hamil secara teratur dan intensif, wanita dapat menjaga kesehatan tubuhnya dan janin yang dikandungnya secara optimal.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untul mengetahui hubungan antara pelaksanaan senam hamil dengan lama persalinan kala I pada ibu primigravida di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak “Sadewa” Yogyakarta. Jenis penelitiannya adalah non-eksperimental dengan menggunakan rancangan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada sejumlah 41 sampel dari 68 populasi. Alat analisis menggunakan korelasi Spearman Rho pada signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan senam hamil sebagian besar responden termasuk dalam kategori sering dan jarang, masing-masing sebesar 39%. Lama persalinan pada sebagian besar responden termasuk dalam kategori cepat, yaitu sebesar 48.8%. Ada hubungan yang signifikan anatara pelaksanaan senam hamil dengan lama persalinan, hasil analisis korelasi Spearman Rho sebesar 0,420 pada signifikansi 0.006, (sig. p < 0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa jika ibu semakin rajin melaksanakan senam hamil, maka semakin cepat pula dalam proses melahirkan. Kata kunci : Senam hamil, Lama persalinan, Primigravida

Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html


fau4wdzbgk

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkanlah komentar (dengan sopan) setelah membaca artikel berikut demi perbaikan dan kesempurnaan artikel berikutnya. Mohon maaf, apabila komentar mengandung spam, dengan sangat terpaksa akan saya hapus. Makasih telah berkunjung disini.