Saturday, February 20, 2010

PROPOSAL SEMINAR PUBLIC RELATION

LEMBAR PENGESAHAN

Setelah diamati, diperiksa, dan dipertimbangkan maka proposal ini dapat disahkan untuk digunakan sesuai dengan fungsinya.




Penanngung Jawab



Ricky Ardhi Wibowo

NIM.05404241042

Yogyakarta, Desember 2008

Sekretaris



Budi Setiawan

NIM. 0540324106


Mengetahui,

Koordinator UKM



Indah S.

NIP. 131790772

Dosen Pembimbing Seminar



Rosidah M. Si

NIP. 131844875


PROPOSAL

SEMINAR PUBLIC RELATION


"The Part Of Public Relation At Taking Managerial Decision In An Organization"



PENDAHULUAN

Mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan di negeri ini yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh. Perusahaan dan Organisasi sebagai tempat bernaung dan berkumpul, sebagai wadah untuk menyalurkan kegiatan dan bersosialisasi sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Pengetahuan akan cara bersosialisasi pada public sehingga menimbulkan opini public yang positif pada suatu perusahaa atau organisasi merupakan suatu pemahaman yang baru. Kemampuan untuk membentuk suatu opini public yang positif guna mengambil kebijkan managerial sangat sulit diterapkan tanpa kemampuan yang handal dari seorang Manajer.

Berkaitan dengan hal ini UKM UNY sebagai wadah kegiatan mahasiswa, membuka kesempatan kepada mahasiswa dan pelajar yang ingin membangun dan mengembangkan sikap Ke-PRan dan untuk mendapatkan kisah dan pengalaman langsung dari orang-orang yang telah susah payah membangun usahanya dengan mengevektifkan Public Relation.


DESKRIPSI KEGIATAN

Seminar "The Part Of Public Relation At Taking Managerial Decision In An Organization" adalah seminar yang mengungkapkan andil dari Public Relation dalm pengambilan keputusan di dunia bisnis yang merupakan sarana bagi para mahasiswa/pelajar untuk mengembangkan kemampuan membentuk opini publik dan sekaligus memfasilitasi mahasiswa/pelajar melalui seminar dengan para pebisnis yang bertujuan untuk memotivasi peserta agar dapat merubah paradigma peserta agar tertarik untuk menjadi seorang wirausahawan yang sadar akan Public Relation.

Untuk mengikuti Seminar ini, peserta mahasiswa/pelajar tidak dipungut biaya (gratis). Untuk non mahasiswa/umum dikenakan Rp. 15.000/peserta.

Dalam seminar ini kami memberi kesempatan perusahaan Anda untuk menjadi sponsor atau menyewa stand pameran, (keterangan terlampir). Acara ini sangat ideal untuk mempromosikan usaha dan produk anda.


NAMA DAN TEMA

Nama kegiatan ini adalah Seminar " The Part Of Public Relation At Taking Managerial Decision In An Organization". Seminar ini terdiri dari dua subtema, pertama adalah "Kajian Tentang Ke-PRan" dan yang kedua adalah "Optimalisasi Peran Public Relation dalam Pengambilan Keputusan Suatu Organisasi"


TUJUAN

Adapun tujuan kegiatan ini agar peserta akan mampu:

1. Meningkatkan pemahaman tentang dunia Public Relation.

2. Mengetahui tips-tips pengelola organisasi dalam menghadapi permasalahan dengan publik internal dan eksternal.

3. Memberikan pengetahuan tentang cara membidik peluang dalam pengembangan organisasi dan perusahaan dengan mengoptimalkan Public Relation.

4. Memberikan wacana kepada mahasiswa tentang dunia PR pada umumnya dan bidang sosialisasi publik pada khususnya.

5. Memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di Perguruan Tinggi dalam Dunia Usaha dan Organisasi.


BENTUK KEGIATAN

Bentuk kegiatan ini adalah seminar tentang bagaimana para pengusaha dan pengelola organisasi dalam meningkatkan usaha dan organisasi tersebut dengan mengoptimalkan peran Public Relation dalam pengambilan keputusan managerial.

Akan dibagi dalam 2 sesi, sesi pertama dimulai pukul 09.30 sd 12.15, kemudian sesi kedua dimulai pukul 13.15 sd 15.45. tiap sesi terdiri dari 2 narasumber dan 1 moderator.


Waktu

Acara

Pengisi

08.30 - 09.30

Registrasi Peserta

Penerima Tamu

09.30 - 09.45

Pembukaan


- Sambutan dari ketua Pelaksana


- Sambutan dan pembukaan oleh pihak UI

Pembawa acara,

Ketua pelaksana

Perwakilan rektorat UNY

09.45 – 11.00

Seminar Term 1 " Kajian Tentang Ke-PRan"

- masing-masing pembicara menceritakan pengalaman tentang Public Relation @25 menit



1. Timothy Sidiq


2. Michael S. Sunggiardi

11.00 – 12.00

Sesi tanya jawab

12.00 – 12.15

Pemberian Plakat

Panitia

12.15 – 13.15

Break

13.15 – 14.30

Seminar Term 2 " Optimalisasi Peran Public Relation dalam Pengambilan Keputusan Suatu Organisasi"

- masing-masing pembicara menceritakan pengalaman tentang Public Relation @25 menit



3. Sandy Kusuma



4. M. Ranu Arifudin

14.30 – 15.30

Sesi tanya jawab

15.30 – 15.45

Pemberian Plakat

Panitia

15.45 – 16.00

Penutupan


PESERTA SEMINAR

Target utama peserta adalah Mahasiswa UNY semua jurusan (tidak terbatas jurusan P.ADP), mahasiswa universitas disekitar UNY (UGM, UIN, UPN, AMIKOM, dll) dan peserta umum. Target total 200 orang peserta. Seminar ini gratis untuk semua mahasiswa UNY maupun diluar UNY.

mahasiswa/pelajar : gratis

non mahasiswa/umum : Rp. 15.000/peserta.

Peserta yang mengikuti acara dari awal sampai akhir akan mendapat sertifikat.


WAKTU DAN TEMPAT

Waktu : Kamis, 1 Januari 2009 pukul 9.30 sd 16.00

Tempat : Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta, Kampus UNY – Karang Malang


PEMBICARA SEMINAR

Narasumber dalam acara seminar "The Part Of Public Relation At Taking Managerial Decision In An Organization" ini sebanyak 4 orang dan akan dipandu oleh seorang Moderator.


1. Timothy Sidiq*

Pengusaha dan CEO PT Zirexindo Buana Mandiri (ZYREX)


2. Michael S. Sunggiardi

Direktur Teknik PT BoNet Utama Bogor, Batutulis Computer Bogor, PT Marvel Network Sistem Jakarta, PT Xtreme Network Sistem Samarinda; Badan Pengurus Nasional AWARI (Asosiasi Pengusaha warnet Indonesia)


3. Sandy Kusuma

Dewan Penasehat DPP Apkomindo (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia); President Director PT Balisoft Lintasmedia; Komisaris Utama PT Panca Dewata Utama. serta sebagai penasehat di berbagai organisasi IT

4. M. Ranu Arifudin

CEO PT. Ufoakses Sukses Luarbiasa


SPONSORSHIP

Untuk menyelenggarakan kegiatan seminar ini, kami membutuhkan bekerjasama dengan pihak-pihak sponsor. Adapun paket sponsorship yang kami tawarkan sebagai berikut :


A. Sponsor Utama

Adalah pihak/perusahaan yang bekerjasama dan berpartisipasi dalam promosi Seminar "The Part Of Public Relation At Taking Managerial Decision In An Organization" dengan memberikan dukungan dana sebesar Rp. 10.000.000,-

Kompensasis :

o Penyertaaan logo perusahaan/produk (sebesar : 90 mm x 52 mm) pada 1000 Poster Seminar (420 mm x 297 mm/= A3) yang akan dipasang pada mading seluruh fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta, Halte bis UNY, Mading universitas Gajah Mada, UIN, UPN, AMIKOM, dan tempat strategis lain


o Penyertaaan logo perusahaan/produk (sebesar : 25 cm x 40 cm) pada Backdrop Acara ( 500 cm x 85 cm) sebanyak 1 buah.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 125x125 dpi) pada iklan di website www.ukm.uny.or.id dan Forum Entrepreneur : www.ecu.uny.or.id selama 3 bulan.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 25 cm x 40 cm) pada Spanduk Acara ( 500 cm x 85 cm) yang akan dipasang pada lokasi acara dan tempat-tempat strategis lainnya, sebanyak 10 buah.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 25 cm x 40 cm) pada Umbul-umbul ( 50 cm x 400 cm) yang akan dipasang pada lokasi acara dan tempat-tempat strategis lainnya, sebanyak 5 buah.


o Mendapatkan stand promo (1 meja + 2 kursi / 2 m x 3 m) pada selama 1 hari selama acara seminar berlangsung.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 30 mm x 40 mm) pada Makalah Seminar (210 mm x 297 mm/= A4) yang akan disebar kepada 200 peserta seminar.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 50 mm x 100 mm) pada T-shirt Panitia seminar.





B. Sponsor Pendukung

Adalah pihak/perusahaan yang bekerjasama dan berpartisipasi dalam promosi Seminar Technobusiness dengan memberikan dukungan dana sebesar Rp. 5.000.000,-

Kompensasis :


o Penyertaaan logo perusahaan/produk (sebesar : 50 mm x 27 mm) pada 1000 Poster Seminar (420 mm x 297 mm/= A3) yang akan dipasang pada mading seluruh fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta, Halte bis UNY, Mading universitas Gajah Mada, UIN, UPN, AMIKOM, dan tempat strategis lain

o Penyertaaan logo perusahaan/produk (sebesar : 15 cm x 20 cm) pada Backdrop Acara ( 500 cm x 85 cm) sebanyak 1 buah.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 125x90 dpi) pada iklan di website www.ukm.uny.or.id dan Forum Entrepreneur : www.ecu.uny.or.id selama 2 bulan.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 12,5 cm x 20 cm) pada Spanduk Acara ( 500 cm x 85 cm) yang akan dipasang pada lokasi acara dan tempat-tempat strategis lainnya, sebanyak 5 buah.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 12,5 cm x 20 cm) pada Umbul-umbul ( 50 cm x 400 cm) yang akan dipasang pada lokasi acara dan tempat-tempat strategis lainnya, sebanyak 5 buah.


o Mendapatkan Stand promo (1 meja + 2 kursi / 2 m x 3 m) pada selama 1 hari selama acara seminar berlangsung.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 15 mm x 20 mm) pada Makalah seminar (210 mm x 297 mm/= A4) yang akan disebar kepada 200 peserta seminar.


C. Sponsor Partisipan

Adalah pihak/perusahaan yang bekerjasama dan berpartisipasi dalam promosi Seminar Technobusiness dengan memberikan dukungan dana sebesar Rp. 2.500.000,-

Kompensasis :


o Penyertaaan logo perusahaan/produk (sebesar : 25 mm x 13,5 mm) pada 1000 Poster Seminar (420 mm x 297 mm/= A3) yang akan dipasang pada mading seluruh fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta, Halte bis UNY, Mading universitas Gajah Mada, UIN, UPN, AMIKOM, dan tempat strategis lain


o Penyertaaan logo perusahaan/produk (sebesar : 7,5 cm x 10 cm) pada Backdrop Acara ( 500 cm x 85 cm) sebanyak 1 buah.


o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 6,5 cm x 10 cm) pada Spanduk Acara ( 500 cm x 85 cm) yang akan dipasang pada lokasi acara dan tempat-tempat strategis lainnya, sebanyak 5 buah.


o Mendapatkan stand promo (1 meja + 2 kursi / 2 m x 3 m) pada selama 1 hari selama acara seminar berlangsung.

o Penyertaan logo perusahaan/produk (sebesar : 15 mm x 20 mm) pada Makalah Acara ( 210 mm x 297 mm/= A4) yang akan disebar kepada 225 peserta seminar.


MANFAAT BAGI SPONSOR

Adapun manfaat menjadi sponsor pada seminar ini :

1. Sebagai alternatif alokasi anggaran promosi yang murah, efektif dan exclusive.

2. Membangun brand awarenes dan citra perusahaan yang peduli pendidikan.

3. Memperluas pasar baru dari produk

4. Memperkuat market positioning dan brand loyality produk.

5. Sebagai wahana melakukan produk sampling dan penjualan langsung.

6. Membangun sinergi dan cobranding dengan Unit kegiatan Mahasiswa UKM Universitas Negeri Yogyakarta


STAND PAMERAN

Selama acara seminar berlangsung Kami menyediakan Stand Pameran dengan ukuran 2 x 3 meter dengan fasilitas sebagai berikut :

o 1 buah meja (tanpa alas/pelapis)

o 2 buah kursi

o Colokan Listrik ( kabel extender tidak disediakan)


Lokasi stand sangat strategis di tempat lalu lalang peserta, di sekitar ruangan seminar berlangsung, penentuan nomer stand ditentukan oleh panitia. Stand seharga Rp. 100.000,-. Stand yang kami sediakan sangat ideal untuk mempromosikan perusahaan/produk anda bahkan untuk menjual produk anda.


PANITIA SEMINAR

Penanggung jawab : Ricky Ardhi Wibowo (Ketua Umum UKM UNY / FISE)

Project Officer : Benardius Boyke R. (FISE – P.ADP)

Sekretaris Umum : Budi Setiawan (FT-Informatika)

Bendahara : Irgahayu M (FIP)

Koordinator Acara : Ananta Hagabean (FISE - Manajemen)

Koordinator Konsumsi : Ni Wayan Agmi Yati (FIP)

Koordinator Perlengkapan : Aryo Catur N. (FIP)

Koordinator Publikasi/Dokumentasi : Anju Hasiholan (FMIPA – Pend. IPA)

Koordinator UKM : Indah S. (FISE-P.ADP)


INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Demikian proposal ini kami buat, semoga dapat memberikan gambaran kegiatan. Kami menunggu partisipasi dan dukungan sponsorship serta kerjasama yang baik. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menghubungi kami di nomor telpon 021-70198873 atau 0856 4323 2212 (boy). Atau melalui e-mail info@ukm.uny.or.id

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ketua Pelaksana Sekretaris Umum

Benardius Boyke M Budi Setiawan

SURAT PERSETUJUAN SPONSORSHIP

No : 025/UKM-UNY/VI/08

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : ………………………………………………………………………………….

Jabatan : ………………………………………………………………………………….

Perusahaan : ………………………………………………………………………………….

Alamat : ………………………………………………………………………………….

No. Telp : ………………………………………………………………………………….

Dengan ini setuju untuk menjadi sponsorship kegiatan seminar Technobusiness, yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM UNY). Bentuk sponsor yang diikuti adalah :

[ ] Sponsor Utama

[ ] Sponsor Pendukung

[ ] Sponsor partisipan

(mohon beri tanda x pada kotak yang tersedia, sesuai dengan jenis sponsorship yang diikuti)

Untuk itu saya setuju membayar biaya sponsorship sebesar :

Rp. …………………………..

(…………………………………………………………………………………….)

Dengan termin pembayaran :

1. 60% pada saat Surat persetujuan ini ditandatangani.

2. 40% selambat-lambatnya 7 hari setelah acara seminar terlaksana

Yogyakarta, ……….......................... 2008

Hormat saya,

(………………………………..) ( Indah S. )

Koordinator UKM

Lampiran

RENCANA ANGGARAN


A. PEMASUKAN

1. UNY Rp 1.000.000,-

2. Spnsor Rp 10.000.000,-

3. Peserta (200) Rp 3.000.000,-

Jumlah pemasukan Rp 14.000.000,-


B. PENGELUARAN

1. Umum

Sewa Gedung Rp 1.000.000,00

Pembicara Rp 6.000.000,00

Makalah seminar Rp 2.000.000,00

Konsumsi Rp 2.000.000,00

Sewa Peralatan Rp 2.500.000,00

Jumlah Rp 13.500.000,00

2. Lain-lain

  • ID Card Rp 200.000,00
  • Cadangan Rp 300.000,00

Jumlah Rp 500.000,00


Total Pengeluaran Rp 14.000.000,00




Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkanlah komentar (dengan sopan) setelah membaca artikel berikut demi perbaikan dan kesempurnaan artikel berikutnya. Mohon maaf, apabila komentar mengandung spam, dengan sangat terpaksa akan saya hapus. Makasih telah berkunjung disini.