Tuesday, January 12, 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Produktif Dasar Kompetensi Kejuruan

Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH I WATES

Kelas/Semester : X/I

Pertemuan Ke- : I

Alokasi Waktu : 15 menit

Standar Kompetensi : Pengantar Administrasi Kantor

Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Administrasi

Indikator : Mengidentifikasi pengertian istilah administrasi

Mengidentifikasi devinisi administrasi menurut para ahli

Mengidentifikasi unsur-unsur administrasi

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Mampu memahami pengertian istilah administrasi

2. Mampu memahami berbagai devinisi administrasi menurut beberapa ahli

3. Mampu menyimpulkan pengertian administrasi

4. Mampu mengidentifikasi unsur-unsur administrasi

II. MATERI AJAR

1. Pengertian istilah administrasi

2. Devinisi administrasi menurut para ahli

3. Kesimpulan pengertian administrasi

4. Unsur-unsur administrasi

III. METODE PEMBELAJARAN

1. Ceramah

2. Tanya jawab

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. KEGIATAN AWAL (± 2 menit)

· Pembukaan, terdiri dari beberapa komponen :

a. Presensi

b. Memberi salam dan menarik perhatian siswa

c. Menimbulkan motivasi belajar

d. Apersepsi

2. KEGIATAN INTI (± 10 menit)

Kegiatan guru :

a. Menjelaskan berbagai istilah administrasi

b. Menjelaskan berbagai devinisi administrasi menurut para ahli

c. Memberikan pertanyaan atas devinisi administrasi

d. Menyimpulkan pengertian administrasi

e. Menjelaskan unsur-unsur administrasi

Kegiatan siswa :

a. Memberikan jawaban tentang devinisi administrasi

b. Memperhatikan penjelasan guru

c. Mengajukan pertanyaan kepada guru

3. KEGIATAN PENUTUP (± 2 menit)

a. Meninjau kembali, merangkum inti pelajaran

b. Mengevaluasi materi pelajaran

V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

1. White board, spidol, OHP

2. Buku panduan

Siagian, Sondang. Kerangka Dasar Ilmu Administrasi, Jakarta: Rineka Cipta,1992.

Thoha, Miftah. Aspek-aspek Pokok Ilmu Administrasi, Jakarta Timur: Ghalia Indonesia, 1983

VI. PENILAIAN

Pada akhir pertemuan guru melakukan penilaian formatif untuk mengetahui penguasaan siswa dalam bentuk pertanyaan lisan. Penilaian didasarkan pada kehadiran, keaktifan siswa dalam menyimak materi yang disampaikan guru serta kemampuan siswa dalam menjawab soal.

Teknik penilaian :

a. Tes tertulis

b. Tugas-tugas dan latihan soal

c. Keterampilan lainnya (perilaku dan sikap di kelas)

Mengetahui,

Kepala Sekolah

NIP.

Yogyakarta, 11 Mei 2008

Guru Mata Pelajaran

NIP.

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkanlah komentar (dengan sopan) setelah membaca artikel berikut demi perbaikan dan kesempurnaan artikel berikutnya. Mohon maaf, apabila komentar mengandung spam, dengan sangat terpaksa akan saya hapus. Makasih telah berkunjung disini.