RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Produktif Dasar Kompetensi Kejuruan
Sekolah : SMK MUHAMMADIYAH I WATES
Kelas/Semester : X/I
Pertemuan Ke- : I
Alokasi Waktu : 15 menit
Standar Kompetensi : Pengantar Administrasi Kantor
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Administrasi
Indikator : Mengidentifikasi pengertian istilah administrasi
Mengidentifikasi devinisi administrasi menurut para ahli
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mampu memahami pengertian istilah administrasi
2. Mampu memahami berbagai devinisi administrasi menurut beberapa ahli
3. Mampu menyimpulkan pengertian administrasi
4. Mampu mengidentifikasi unsur-unsur administrasi
II. MATERI AJAR
1. Pengertian istilah administrasi
2. Devinisi administrasi menurut para ahli
3. Kesimpulan pengertian administrasi
4. Unsur-unsur administrasi
III. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. KEGIATAN AWAL (± 2 menit)
· Pembukaan, terdiri dari beberapa komponen :
a. Presensi
b. Memberi salam dan menarik perhatian siswa
c. Menimbulkan motivasi belajar
d. Apersepsi
2. KEGIATAN INTI (± 10 menit)
Kegiatan guru :
a. Menjelaskan berbagai istilah administrasi
b. Menjelaskan berbagai devinisi administrasi menurut para ahli
c. Memberikan pertanyaan atas devinisi administrasi
d. Menyimpulkan pengertian administrasi
e. Menjelaskan unsur-unsur administrasi
Kegiatan siswa :
a. Memberikan jawaban tentang devinisi administrasi
b. Memperhatikan penjelasan guru
c. Mengajukan pertanyaan kepada guru
3. KEGIATAN PENUTUP (± 2 menit)
a. Meninjau kembali, merangkum inti pelajaran
b. Mengevaluasi materi pelajaran
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
1. White board, spidol, OHP
2. Buku panduan
Siagian, Sondang. Kerangka Dasar Ilmu Administrasi, Jakarta: Rineka Cipta,1992.
Thoha, Miftah. Aspek-aspek Pokok Ilmu Administrasi, Jakarta Timur: Ghalia Indonesia, 1983
VI. PENILAIAN
Pada akhir pertemuan guru melakukan penilaian formatif untuk mengetahui penguasaan siswa dalam bentuk pertanyaan lisan. Penilaian didasarkan pada kehadiran, keaktifan siswa dalam menyimak materi yang disampaikan guru serta kemampuan siswa dalam menjawab soal.
Teknik penilaian :
a. Tes tertulis
b. Tugas-tugas dan latihan soal
c. Keterampilan lainnya (perilaku dan sikap di kelas)
Mengetahui, Kepala Sekolah NIP. | Yogyakarta, 11 Mei 2008 Guru Mata Pelajaran NIP. |
0 comments:
Post a Comment
Tinggalkanlah komentar (dengan sopan) setelah membaca artikel berikut demi perbaikan dan kesempurnaan artikel berikutnya. Mohon maaf, apabila komentar mengandung spam, dengan sangat terpaksa akan saya hapus. Makasih telah berkunjung disini.