Thursday, August 20, 2009

SKRIPSI KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN

KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN KOMPETENSI DASAR KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN TENGAH TAHUN AJARAN 2007/2008

Oleh:

FITRI NURHAYATI
05402241026

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian semester genap Mata Pelajaran Kompetensi Dasar kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Klaten Tengah Tahun Ajaran 2007/2008 dengan kriteria validitas butir soal, reliabilitas soal, taraf kesukaran, daya pembeda dan pola sebaran jawaban.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi karena tujuan dari penelitian ini adalah menguasai sasaran/objek yaitu soal ujian mata pelajaran Kompetensi Dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah butir soal ujian Kompetensi Dasar yang terdiri dari 60 butir soal obyektif pilihan ganda dan 10 butir soal uraian. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dan wawancara.
Hasil analisis Soal Ujian Mata Pelajaran Kompetensi Dasar menunjukkan bahwa soal obyektif pilihan ganda berdasarkan analisis keempat indikator berjumlah 27 butir (24%) dan butir soal yang tidak baik ada 33 butir (55%). Sedangkan untuk soal uraian berdasarkan analisis kedua indikator: validitas dan reliabilitas maka kesepuluh soal belum memenuhi syarat sebagai alat ukur yang baik. Adapun kualitas butir soal pilihan ganda dilihat dari masing-masing kriteria adalah butir-butir soal yang memenuhi kriteria validitas berjumlah 33 butir (55%), butir soal yang memenuhi kriteria taraf kesukaran berjumlah 37 butir (61,67%), butir soal yang memenuhi kriteria daya pembeda berjumlah 0 butir (0%), serta butir-butir soal yang memenuhi kriteria pola sebaran jawaban berjumlah 36 butir (60%). Analisis soal uraian ditunjukkan pada analisis concurrent validity dengan menghitung skor yang diberikan oleh pemberi nilai. Berdasarkan kriteria validitas, kesepuluh soal uraian tidak terdapat korelasi antara penilaian yang dilakukan guru mata pelajaran Kompetensi Dasar dengan peneliti, sedangkan dilihat dari reliabilitas soal secara keseluruhan soal obyektif pilihan ganda memiliki reliabilitas yang tinggi yaitu sebesar 0,748, sedangkan untuk soal uraian reliabilitasnya rendah yaitu sebesar 0,468. Secara keseluruhan kualitas butir soal ujian akhir semester genap Mata Pelajaran Kompetensi Dasar kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Klaten Tengah Tahun Ajaran 2007/2008 termasuk dalam kategori tidak baik.

x6p5d8hzna


Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkanlah komentar (dengan sopan) setelah membaca artikel berikut demi perbaikan dan kesempurnaan artikel berikutnya. Mohon maaf, apabila komentar mengandung spam, dengan sangat terpaksa akan saya hapus. Makasih telah berkunjung disini.