Wednesday, January 27, 2010

SKRIPSI MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN

PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN SISWA KELAS X

PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

SMK NEGERI 1 DEPOK

Oleh:

Adi Widinanto W.

NIM 05402241042

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Depok dalam mata pelajaran Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan.

Penelitian ini adalah penelitian Ex post facto, populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Depok yang berjumlah 71 siswa. Pengumpulan data motivasi belajar dan pemanfaatan sumber belajar dilakukan dengan metode angket sedangkan data prestasi belajar diperoleh dari data sekunder nilai ulangan mata diklat Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 siswa Kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Tempel. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar atau pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar digunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Sedangkan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan pemanfaatan sumber belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar digunakan teknik analisis korelasi ganda yang dilanjutkan dengan analisis regresi ganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan siswa Kelas X SMK Negeri 1 Depok yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,756; (2) terdapat hubungan positif antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan siswa Kelas X SMK Negeri 1 Depok yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,743; (3) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dan pemanfaatan sumber belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan siswa Kelas X SMK Negeri 1 Depok ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) 0,793 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,628; ini berarti 62,8% prestasi belajar dijelaskan oleh motivasi belajar dan pemanfaatan sumber belajar; sedangkan 37,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Selain itu variabel Motivasi belajar memberikan sumbangan lebih besar sebesar 0,756 dibanding variabel pemanfaatan sumber belajar sebesar 0,743.



Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

2 comments:

Tinggalkanlah komentar (dengan sopan) setelah membaca artikel berikut demi perbaikan dan kesempurnaan artikel berikutnya. Mohon maaf, apabila komentar mengandung spam, dengan sangat terpaksa akan saya hapus. Makasih telah berkunjung disini.