Monday, January 11, 2010

TIPE DATA

TEORI

a. Konstanta

Konstanta merupakan nilai data eksplisit yang ditulis oleh programmer, beupa nilai yang diketahui oleh oleh compiler pada saat kompilasi. Kompiler akan memperlakukan nilai tersebut dengan beberapa cara sesuai dengan tipe konstanta dan konteksnya. Konstanta pada C antara lain bertipe integer, floating-point, character, dan string.

b. Tipe dan Deklarasi Tipe

C menyediakan beberapa tipe bawaan yang memfasilitasi programmer untuk mendefinisikan tipe lainnya. Variabel dideklarasikan dengan menggunakan sintak berikut:

type daftar_pengenal;

dimana type adalah salah satu dari tipe data yang akan dijelaskan berikut dan daftar_pengenal berisikan satu atau lebih pengenal (identifier/variable) yang dipisahkan olehtanda koma.

c. Tipe dasar

Tipe dasar terdiri dari char, int, float, double, dan void. Char berupa byte tunggal, yang dapat menampung satu karakter. Tipe char juga dapat dikualifikasi menjadi signed atau unsigned(bertanda atau tidak bertanda).

Tipe int mempunyai ukuran sesuai dengan mesin yang digunakan. Selain dapat dikualifikasi sebagai signed atau unsigned juga dapat berupa short atau long.

Tipe float dan double masing-masing merepresentasikan bilangan ambang dengan presisi tunggal dan presisi ganda. Seperti halnya integer, ukuran tipe ini sesuai dengan mesin yang digunakan.

Tipe void biasanya digunakan untuk fungsi yang tidak mengembalikan nilai atau fungsi tanpa argument.

d. Array

C memungkinkan deklarasi suatu array berdimensi banyak dengan menggunakan bentuk pernyataan berikut:

type nama_data[ekspresi_konstanta] ...

dimana type adalah tipe dari elemen array nama_data adalah array yang akan dideklarasikan dan ekspresi_konstanta adalah ukuran dari array. Seluruh array pada C diindeks untuk mendeklarasikan array dengan lebih dri satu dimensi.

e. Struct

Deklarasi type:

struct tag{ ... };

Pada C akan menetapkan suatu tipe yang berisi beberapa anggota (juga disebut komponen), masing-masing anggota (atau komponen) tersebut mempunyai tipe data yang sudah didefinisikan. Pengenal tag merupakan pilihan dan disebut sebagai structure tag. Penggunaan tag memberikan suatu pengenal untuk stuktur yang dapat digunakan dalam urutan dalam deklarasi yang dibatasi oleh tanda kurung ({}).

f. Union

C menyediakan struktur varian yang disebut union, dimana komponen digunakan sesuai jenis informasi tertentu dalam struktur. Dengan kata lain union berarti menyimpan beberapa tipe dengan menggunakan suatu variable tunggal. Union sering dikombinasikan dengan struktur dimana satu komponen dalam struktur adalah union dan yang lainnya digunakan sebagai tag untuk menentukan anggota atau komponen yang mana yang digunakan. Untuk jelasnya kita buat conto dari masalah tersebut.



Bagi yang ingin mencoba Bisnis baru dengan cara mudah dan menghasilkan banyak keuntungan, klik link dibawah ini.
http://abe-rabbit.blogspot.com/2010/12/cara-cepat-mencari-uang-dengan-program.html

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkanlah komentar (dengan sopan) setelah membaca artikel berikut demi perbaikan dan kesempurnaan artikel berikutnya. Mohon maaf, apabila komentar mengandung spam, dengan sangat terpaksa akan saya hapus. Makasih telah berkunjung disini.